Magelang (ANTARA) - Sejumlah mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta Magelang (YoMa) mendampingi juri dalam penilaian lomba ternak memperebutkan Piala Bupati Magelang bertajuk Kontes Ternak 2019.

Kontes ternak tersebut diadakan dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-35 Kota Mungkid, Ibu Kota Kabupaten Magelang. Masyarakat kabupaten ini antusias mengikuti berbagai kegiatan termasuk kontes ternak. 

Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang mengadakan Kontes Ternak 2019 dengan memperebutkan piala Bupati Magelang. 

Kontes tersebut berlangsung selama 1 bulan, mulai dari pendaftaran sampai dengan penentuan yang lolos dalam nominasi. Penilaian dari kandang ke kandang. 

Pada proses penilaian, mahasiswa Jurusan Peternakan Polbangtan YoMa   mendampingi juri. Keterlibatan mahasiswa ini dapat menjadi media pembelajaran dalam penilaian ternak yang berkualitas. 

Tim penilai terlihat semangat, sedangkan peternak peserta lomba antusias berpartisipasi dalam kegiatan. 

Kontes ternak Piala Bupati 2019 mensyaratkan bahwa ternak yang dapat mengikuti kegiatan tersebut yaitu sapi betina Simpo, Limpo, Perah, (pedet dara induk). 

Untuk kambing dan domba terdiri dari kambing jawa randu, PE, serta domba lokal Magelang. 

Pada hari Selasa lalu upacara penyerahan hadiah untuk para pemenang dari berbagai kriteria yang dihadiri oleh Bupati Magelang Zaenal Arifin, S.IP. 

Dalam sambutannya, Bupati Magelang bapak Zaenal Arifin mendukung dan menyarankan kontes tersebut untuk diagendakan setiap tahun karena dapat miningkatkan daya saing dunia peternakan serta meningkatkan kearifan lokal. (Polbangtanyoma/tantyanuar)

 

Pewarta : KSM
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024