Semarang (ANTARA) - PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta kembali meraih penghargaan bergengsi Indonesia Green (IGA) Award 2019 untuk kategori Penyelamatan Sumber Daya Air dengan program "Menjaga Air Siluk untuk Kehidupan".

Penghargaan langsung diberikan oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Helmi Basalamah kepada Plt Manajer Komunikasi PLN UID Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta, Haris, di  Rabu (27/3).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan M. R Karliansyah.

Haris menyampaikan rasa terima kasih kepada segenap kalangan yang turut serta mendukungnya karena sudah kedua kalinya PLN UID Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta meraih penghargaan dengan kategori yang sama pada tahun sebelumnya.

"Tahun lalu kami (PLN UID Jateng dan DIY,red.) juga mendapatkan penghargaan serupa untuk Pengelolaan Kawasan Sungai Mudal di Kulonprogo, Yogyakarta dan kali ini menjadi penghargaan kedua," kata Haris.

Penghargaan tersebut, lanjut Haris merupakan salah satu wujud komitmen PLN yang tidak hanya mengurusi kelistrikan, namun juga peduli lingkungan di sekitarnya, karena sangat berarti demi kehidupan di masa mendatang.

"PLN terus berkomitmen untuk peduli dengan lingkungan, utamanya melalui program-program CSR kami," ungkapnya.

Haris menambahkan secara keseluruhan penghargaan Indonesia Green Awards 2019  diterima sejumlah Unit Induk Distribusi (UID) dan Unit Induk Wilayah (UIW) PLN.

Penerima penghargaan IGA Award 2019 antara lain PLN UID Jakarta Raya (Power Bank Energi Biru Jakarta)- kategori Mempelopori Pencegahan Polusi; PLN UID Jawa Timur (Sampah Plastik di Tangan Perempuan)- kategori Penanganan Sampah Plastik; PLN UID Jateng (Menjaga Air Siluk untuk Kehidupan)- kategori Penyelamatan Sumber Daya Air.

Kemudian PLN UIW Babel (Program Konversi BBM Solar ke CPO pada PLTD Bangka Belitung)- kategori Mengembangkan Rekayasa Teknologi Energi Baru; dan (Pengembangan Teknologi PLTD Hybrid PLTS untuk Menghemat Konsumsi BBM PLN UIW Bangka Belitung)- kategori Rekayasa Teknologi Dalam Menghemat Energi.

PLN UIW Sulselrabar (Pengelolaan Sampah Terpadu Karuwusi)- kategori Pengelolaan Sampah Terpadu; PLN KIT SBS (Mendulang Asa di Sebalang)-kategori Mengembangkan Keanekaragaman Hayati; serta PLN KIT Tanjung Jati B (Liquid biogas Dotuman, Solusi Pencegah Polusi)- kategori Mempelopori Pencegahan Polusi.

Sementara untuk penghargaan Eksekutif Milenium berhasil diraih Komang Paramita, GM PLN Pembangkitan Tanjung Jati B.

Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024