Purwokerto (ANTARA) - Harga daging sapi di Pasar Manis Purwokerto, Kabupaten Banyumas masih stabil di kisaran Rp120.000 hingga Rp130.000 per kilogram.

"Harga daging stabil sejak beberapa minggu terakhir belum ada kenaikan yang berarti," kata salah satu pedagang di Pasar Manis Purwokerto, Imam (30), di Purwokerto, Kamis.

Dia memperkirakan harga daging sapi akan mengalami lonjakan menjelang Hari Raya Idul Fitri 2019.

"Biasanya mendekati bulan puasa dan Lebaran harganya mulai melonjak sekarang ini masih normal meskipun curah hujan sedang tinggi namun tidak berpengaruh terhadap harga daging sapi," katanya.

Dia menyebutkan harga daging saat menjelang Lebaran bisa mencapai Rp150 ribu per kilogram.

Dia mengatakan kualitas daging yang dijual juga baik karena dipasok langsung dari peternak sapi di wilayah setempat.

"Kualitasnya terjamin baik karena dipasok sama peternak lokal," katanya.

Sementara itu, harga berbagai jenis ikan di Pasar Manis Purwokerto juga cenderung stabil.

Salah satu pedagang ikan di Pasar Manis Purwokerto, Erman (50), menjelaskan harga ikan tuna stabil sekitar Rp50 ribu per kilogram daging ikan tuna tanpa kepala.

"Harga ikan tongkol juga masih normal yaitu sekitar Rp30 ribu per kilogram, sementara ikan kembung juga sekitar Rp30 ribu per kilogram," katanya.

Harga udang ukuran besar masih sama dengan beberapa hari sebelumnya yakni sekitar Rp80 ribu per kilogram sementara yang berukuran kecil Rp60 ribu per kilogram.

"Harga cumi ukuran besar juga masih normal yaitu Rp70 ribu per kilogram dan yang ukuran sedang Rp60 ribu per kilogram," katanya.

Dia juga mengatakan stok ikan laut di Pasar Manis Purwokerto tetap melimpah meskipun cuaca masih belum bersahabat bagi para nelayan.

"Stok banyak hanya ikan belanak saja yang jarang ada, yang lainnya ada semua," katanya.


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024