Solo (Antaranews Jateng) - Pemerintah Kota Surakarta telah menyiapkan sembilan sekolah untuk Anak Dengan HIV/Aids (ADHA) dari Yayasan Lentera Surakarta.

     "Untuk sekolahnya mana saja belum bisa kami sampaikan, yang pasti kami sudah menyediakan sekolah bagi mereka," kata Kepala Dinas Pendidikan Surakarta Etty Retnowati di Solo, Jumat.

     Di sekolah yang baru nanti, kata Etty Retnowati, 14 ADHA tersebut tidak lagi menerima penolakan seperti yang sebelumnya dialami di SDN Purwotomo Surakarta.

     "Pada prinsipnya kami tetap mengupayakan anak-anak tersebut mendapatkan pendidikan yang layak di sekolah formal," kata Etty Retnowati.

     Sekolah yang baru tersebut letaknya tidak jauh dari rumah singgah yang selama ini ditinggali oleh ADHA. Menurut dia, sembilan sekolah tersebut sudah menyatakan siap untuk menampung ADHA agar bisa mendapatkan pendidikan formal seperti anak-anak pada umumnya.

     Menyinggung soal kapan anak-anak tersebut bisa kembali bersekolah, Etty Retnowati mengatakan bahwa mereka secepatnya segera aktif bersekolah.

     Sementara itu, Ketua Yayasan Lentera Solo Yunus Prasetyo berharap anak-anak ditempatkan di satu sekolah saja agar para pengurus Yayasan Lentera lebih mudah dalam antar dan jemput.

     "Kalau misalnya sekarang satu sekolah dua anak, siapa yang mau antar jemput, stafnya siapa. Kami ini bukan PNS yang dibayar, tetapi kami relawan. Tolong itu juga dipikirkan," kata Yunus Prasetyo.
 
     Yunus Prasetyo berharap anak-anak tersebut bisa segera bersekolah agar tidak tertinggal dalam pelajaran.

     "Apalagi sebentar lagi UTS (ujian tengah semester, red). Kalau tidak segera diurus, anak-anak ini mau ujian di mana," kata Yunus Prasetyo.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024