Magelang - Inspektur Jenderal Kementerian Pertanian Justan Riduan Siahaan, Ak., M.Acc, CA, QIA mengaku bangga pada Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan YoMa) yang berhasil ikut mengembangkan sapi unggulan Roro Mendut, Belgian Blue.

Rasa bangga tersebut disampaikan Irjen Kementan ketika menyaksikan langsung sapi unggulan tersebut di kampus Polbangtan YoMa pada Jumat pekan lalu di sela kunjungan ke kampus tersebut untuk memberikan kuliah umum bertema "Membangun Integritas Petani Mileniat" di kampus berhawa sejuk tersebut.

Irjen memang sengaja menyempatkan diri berkeliling di lingkungan kampus dan mengunjungi Roro Mendut, Belgian Blue yang dikembangkan oleh Tim TE Polbangtan YoMa. 

Roro Mendut lahir bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November 2018 dengan berat 40kg berjenis kelamin betina. Program ini turut menambah jumlah pengembangan sapi unggulan program swasembada daging Kementerian Pertanian. 

Saat ini Roro Mendut telah berbobot 97 kg dalam usia 2 bulan 11 hari.

"Saya pribadi ikut bangga Polbangtan YoMa dapat menjadi bagian dari pengembangan sapi unggulan Belgian Blue dan telah sukses melahirkan Roro Mendut. Semoga akan ada Roro Mendut lain yang akan dilahirkan di Polbangtan YoMa," katanya.

Dalam kunjungan tersebut, Irjen Kementanb yang didampingi pejabat eselon II itu berkeliling kandang dan lahan pendidikan, meninjau perkembangan Polbangtan YoMa yang baru tahun ini bertranformasi dari STPP.

Transformasi tersebut sebagai salah satu pewujudan upaya peningkatan integritas dalam bidang pendidikan untuk mewujudkan lumbung pangan dunia tahun 2045. *** (polbangtan/tantyanuar)

Pewarta : KSM
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024