Solo (Antaranews Jateng) - Asosiasi Pengusaha Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Aptiknas) Surakarta mengaku pesimistis terhadap tahun politik mengingat banyak pihak yang masih menunggu stabilnya kondisi pasar.
    
"Mana bisa bagus, banyak yang masih 'wait and see'," kata Sekretaris Daerah Aptiknas Surakarta Dwi Cahyo Putranto di Solo, Senin. 

Ia memperkirakan justru penjualan komputer akan membaik pascapemilu.
    
"Meski tidak serta-merta membaik, paling tidak setelah pemilu, belanja baik itu yang dilakukan oleh pemerintah maupun swasta akan kembali normal," katanya.

Sementara itu, menyikapi kondisi saat ini, dikatakannya, para pelaku usaha di bidang komputer berupaya mendongkrak penjualan dengan menggelar pameran komputer dan telepon seluler. 
    
"Ini kegiatan kami di awal tahun, kami selenggarakan sejak Kamis (10/1) hingga hari ini di Hartono Mall, Solobaru. Harapannya masyarakat bisa memanfaatkan momentum ini untuk membeli kebutuhan IT," katanya.

Ia mengatakan ada sebanyak 35 pelaku usaha yang mengikuti pameran tersebut. Masing-masing peserta, dikatakannya, memberikan potongan harga di setiap produk untuk menarik minat pembeli.

Menurut dia, sejauh ini penjualan komputer didominasi oleh produk dengan harga di kisaran Rp5 juta.

"Meski demikian, untuk realisasi penjualan belum kami hitung. Melihat antusiasme pengunjung kami cukup optimistis penjualan bagus," katanya.

Perwakilan dari Hartono Mall Elfizia Carina mengatakan kegiatan pameran komputer yang digelar di atrium mal tersebut mendapatkan respons cukup baik dari masyarakat.

"Kami melihat ada peningkatan jumlah pengunjung selama kegiatan ini. Jika di hari normal jumlah pengunjung sekitar 5.000/hari, selama pameran komputer ini bisa sampai 8.000/hari," katanya.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024