Semarang (Antaranews Jateng) - Perusahaan berbagai bidang di Provinsi Jawa Tengah diminta menjalankan program-program kemitraan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi masyarakat sekitar.
"Selain menyerap tenaga kerja sekitar, akan lebih baik jika pabrik juga bisa memberikan program kemitraan dengan memberdayakan sekaligus membina wirausaha kecil di lingkungan pabrik," kata anggota Komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah Ahsin Maruf di Semarang, Sabtu.

Ia mengaku sangat mengapresiasi perusahaan-perusahaan yang telah menyerap ribuan tenaga kerja sehingga memberikan manfaat bagi perekonomian masyarakat sekaligus meningkatkan kesejahteraan.

Menurut dia, ada banyak hal yang bisa dilakukan perusahaan dalam meningkatkan kesadaan masyarakat untuk berwirausaha antara lain, dengan memberikan program pelatihan keterampilan.

Kendati demikian, Ahsin mengakui untuk dapat berwirausaha dibutuhkan kemauan dan niat yang kuat dari masyarakat.

"Berdasarkan hal itu, perlu dorongan dari berbagai pihak, termasuk pemerintah untuk menumbuhkan kemauan sekaligus kemampuan berwirausaha dari masyarakat," ujarnya.

Bagi masyarakat yang telah mengikuti program kemitraan yang diberikan perusahaam dan ingin membuka usaha bisa mengaplikasikan ilmu yang telah diperselama pelatihan.

"Mengenai pemasaran hasil produksi dari program kemitraan, saat ini pasar sudah sangat terbuka dengan cara `online` melalui berbagai aplikasi media sosial yang ada," katanya.     

Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024