Cilacap (Antaranews Jateng) - PT Holcim Indonesia Tbk Pabrik Cilacap berkomitmen untuk terus menjalankan bisnis berwawasan lingkungan, kata Sustainable Development Manager PT Holcim Indonesia Tbk Oepoyo Prakoso.

"Hal ini berkaitan dengan penghargaan Green Industry Award dari Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perindustrian. Penghargaan ini merupakan yang ketujuh kalinya diterima Holcim Pabrik Cilacap sejak tahun 2012," katanya di Cilacap, Jawa Tengah, Jumat.

Dalam hal ini, kata dia, penganugerahan Penghargaan Industri Hijau (Green Industry Award) didasarkan pada Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 5 tahun 2011, yang bertujuan untuk mendorong atau memotivasi perusahaan atau industri untuk mewujudkan industri hijau yang efisien, berwawasan lingkungan terhadap sumber daya  alam, serta bermanfaat bagi masyarakat. 

Menurut dia, aspek penilaian sebagai industri hijau meliputi proses produksi sebesar 70 persen, kinerja pengolahan limbah/emisi sebesar 20 persen, serta manajemen perusahaan sebesar 10 persen.

"Salah satu upaya yang berwawasan lingkungan yang telah dilakukan Holcim Pabrik Cilacap adalah menangkap seluruh air hujan di area pabrik seluas 118 hektare dan disalurkan ke 'settling pond' ( kolam penampungan air ) berkapasitas 17.000 meter kubik untuk digunakan kembali dalam proses pendiginan mesin mesin," katanya.
  

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024