Salatiga (Antaranews Jateng) - AkzoNobel Decorative Paints Indonesia, produsen cat merek Dulux, mengubah Kampung Pancuran yang terletak di Kelurahan Kutowinangun Lor, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, Jawa Tengah, menjadi salah satu destinasi wisata di kota setempat.

"Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan masyarakat dalam mempercantik lingkungan setempat karena kami percaya pada kekuatan transformatif warna untuk memperkaya masyarakat dan membuat ruang tempat tinggal lebih berwarna, nyaman dan menyenangkan," kata Head of Brand and Consumer Marketing PT ICI Paints Indonesia (AkzoNobel Decorative Paints Indonesia) Anastasia Tirtabudi di Kota Salatiga, Kamis.

Anastasia menjelaskan pengerjaan proyek Kampung Wisata Pancuran ini membutuhkan waktu sekitar delapan bulan dengan melibatkan lebih dari 100 orang warga setempat untuk membuat ruang publik serta dinding-dinding di sepanjang tepi sungai lebih hidup dengan pembuatan mural berwarna-warni.

"Total luas area yang diperkirakan sekitar 10.000 meter persegi telah dicat dengan lebih dari 3.000 liter cat Dulux Weathershield yang merupakan cat dinding eksterior premium dengan kinerja maksimal dengan formula yang telah diperbarui sehingga meningkatkan daya tahan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh lumut dan jamur hingga dua kali lebih lama dibandingkan cat biasa," ujarnya.

AkzoNobel, kata dia, berkomitmen untuk terus memberikan warna dalam kehidupan masyarakat, seperti yang tercermin pada salah satu program yakni Let`s Colour Indonesia.

"Kami berharap masyarakat dapat terinspirasi dan merasakan dampak positif dari warna," katanya.

Kehadiran Kampung Wisata Pancuran bertujuan untuk memupuk rasa kebanggaan dan memiliki di antara penduduk kota yang terdiri dari hampir 200.000 orang.

Di dalam kampung ini terdapat mural-mural yang menampilkan topik yang berbeda-beda seperti sejarah dan perjuangan bangsa Indonesia.

Mural-mural tersebut juga menggambarkan semangat para pahlawan yang berasal dari Kota Salatiga.

Wali Kota Salatiga Yulianto yang ikut menghadiri dan mendapatkan kehormatan untuk meresmikan Kampung Wisata Pancuran mengapresiasi inisiatif para warga yang didukung AkzoNobel dalam mengubah lingkungan setempat.

Ia optimistis hal ini akan dapat membantu meningkatkan kualitas lingkungan kota dan meningkatkan daya tarik kota itu bagi para wisatawan, termasuk mendukung salah satu program Pemkot Salatiga untuk mengembangkan kota tanpa pemukiman kumuh.

"Pada kesempatan ini, saya juga ingin mengapresiasi AkzoNobel atas kontribusinya dalam mewujudkan Kampung Wisata Pancuran yang dulu dikenal dengan kampung preman sekarang berubah menjadi kampung wisata," ujarnya.

Peresmian Kampung Wisata Pancuran ditandai dengan pemukulan "drumblek" yang dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti dinding oleh Head of Brand and Consumer Marketing PT ICI Paints Indonesia Anastasia Tirtabudi dan Wali Kota Salatiga Yulianto.

Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024