Jakarta (Antaranews Jateng) - Crystal Palace sukses menghentikan catatan kemenangan beruntun Arsenal di semua kompetisi berakhir di angka 11 pertandingan, setelah kedua tim bermain imbang 2-2 dalam laga pekan ke-10 Liga Inggris di Stadion Selhurst Park, London, Inggris, Minggu.

Catatan manis itu harus direlakan Arsenal ketika Luka Milovojevic menguburkan keunggulan yang sempat dimiliki lewat dua gol beruntun Granit Xhaka dan Pierre-Emerick Aubameyang, demikian catatan pertandingan laman resmi Liga Inggris.

Dengan demikian masa puncak bulan madu Arsenal dengan pelatih anyarnya, Unai Emery, berakhir dalam kurun waktu hampir dua bulan lamanya, meski tentu saja mereka masih belum terkalahkan dalam 12 pertandingan terakhir di semua kompetisi.

Hasil imbang membuat Arsenal kini mengoleksi 22 poin dan tetap berada di peringkat keempat klasemen, sementara Palace (8) mendapat sedikit keuntungan dan naik ke urutan 14.

Setelah pertandingan berjalan imbang tanpa gol hampir di sepanjang babak pertama, kebuntuan terpecahkan saat wasit Martin Atkinson menunjuk titik putih menyusul insiden Shkodran Mustafi menjatuhkan Cheikhou Kouyate di area terlarang pada menit 44.

Milivojevic yang menjadi algojo dengan tenang mengecoh kiper Bernd Leno melompat berlawanan dari arah ia menyarangkan bola ke dalam gawang.

Gol bola mati, dibalas dengan tunai oleh Arsenal juga melalui eksekusi bola mati. Bedanya, satu di dalam kotak penalti, yang lainnya di luar.

Setelah membawa Palace unggul, Milivojevic justru bertanggung jawab atas gol penyeimbang Arsenal, lantaran ia menjatuhkan Lucas Torreira di tepian kotak penalti.

Kendati Mesut Oezil terlihat turut menghadapi bola, Xhaka lah yang melepaskan tedangan bebas yang melengkung ke sudut tiang jauh melewati jangkauan kiper Wayne Hennessey yang sempat menyentuh bola dengan ujung-ujung jarinya. Kedudukan imbang 1-1 pada menit 51.

Lima menit berselang, Aubameyang membawa Arsenal berbalik unggul setelah ia menendang bola melewati garis gawang kendati berusaha dihalau badan Hennessey.

Sedikit kontroversi mewarnai gol tersebut, lantaran umpan Alexandre Lacazette untuk Aubameyang sepertinya mengenai tangan terlebih dahulu, namun keputusan Atkinson tetap menyatakan gol itu sah dan Arsenal unggul 2-1 atas Palace.

Pemain pengganti Palace, Max Meyer, sempat berpeluang menyamakan kedudukan pada menit 66, namun sepakan jarak dekatnya melambung dari sasaran.

Palace kembali mendapatkan hadiah tendangan penalti ketika Wilfried Zaha dilanggar Xhaka di dalam area terlarang.

Milivojevic yang kembali menghadapi bola melepaskan tendangan keras yang meski arahnya tertebak namun tak mampu dibendung Leno, dan skor menjadi imbang 2-2 pada menit 83.

Publik Selhurst Park sempat menahan nafas ketika pada menit 90+2 Arsenal kembali memperoleh kesempatan tendangan bebas dan Xhaka menghadapinya. Beruntung sepakan legiun Swiss itu melambung tipis di atas mistar gawang, disambut hela nafas lega para pendukung tuan rumah, yang menyaksikan timnya menahan imbang Arsenal 2-2.

Susunan pemain seturut laman resmi Liga Inggris:

Crystal Palace (4-3-3): Wayne Hennessey; Aaron Wan-Bissaka, James Tomkins, Mamadou Sakho, Patrick van Aanholt; Cheikhou Kouyate (Jason Puncheon), Luka Milivojevic, James McArthur (Max Meyer); Andros Townsend, Jordan Ayew (Alexander Sorioth), Wilfried Zaha
Pelatih: Roy Hodgson

Arsenal (4-2-3-1): Bernd Leno; Hector Bellerin (Stephan Lichtsteiner), Shkodaran Mustafi, Rob Holding, Granit Xhaka; Lucas Torreira, Matteo Guendozi; Alex Iwobi, Mesut Oezil (Danny Welbeck), Pierre-Emerick Aubameyang (Aaron Ramsey); Alexandre Lacazette
Pelatih: Unai Emery

Pewarta : Antaranews
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024