Purwokerto (Antaranews Jateng) - Sejumlah warga Kelurahan Bantarsoka RT 05 RW 01, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, bergotong royong mengevakuasi sebuah mobil milik salah seorang warga yang terperosok ke dalam Sungai Banjaran, Senin.

Evakuasi terhadap mobil milik Andri Pamungkas, warga Kelurahan Bantarsoka RT 05 RW 01, Kecamatan Purwokerto Barat, juga melibatkan personel Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas.

"Awalnya, evakuasi dilakukan secara manual dengan ditarik menggunakan tenaga manusia. Selanjutnya, evakuasi dibantu dengan mobil derek," kata salah seorang warga, Cheppy.

Sementara itu pemilik mobil, Andri Pamungkas mengatakan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 07.45 WIB saat dia sedang mengeluarkan mobil Honda Jazz berpelat nomor B-1235-GVF miliknya dari halaman rumahnya dengan cara mundur.

Dia mengaku tidak sengaja menginjak pedal gas hingga akhirnya mobil itu terjun ke Sungai Banjaran yang berada tepat di depan rumahnya.

Menurut dia, kondisi tanggul pembatas sungai dengan jalan yang terlalu rendah mengakibatkan laju mobil tidak bisa ditahan hingga akhir terjun ke sungai.

"Posisinya mundur, semula mau injak pedal rem, ternyata malah injak pedal gas. Ya sudah, langsung terjun ke sungai karena jaraknya sangat dekat," jelasnya.

Ia mengaku bersyukur karena tidak panik saat turut terjun ke dalam sungai bersama mobilnya sehingga bisa menyelamatkan diri dengan cara membuka pintu sopir meskipun mobil itu mengalami kerusakan.

Proses evakuasi terhadap mobil yang terperosok ke Sungai Banjaran itu menjadi tontonan warga sekitar maupun pengguna jalan yang melintas di Jembatan Banjaran, Jalan Jenderal Soedirman, Purwokerto. 
   

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024