Magelang (Antaranews Jateng) - PT Angkasa Pura II mendukung pengembangan desa wisata di kawasan Borobudur dengan membangun balai ekonomi desa (Balkondes) di Desa Tegal Arum, Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.
     
Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin di Magelang, Jumat, mengatakan secara resmi Balkondes PT Angkasa Pura II di Desa Tegal Arum, Kecamatan Borobudur  dioperasikan.
     
Balkondes "Sakapitu" Desa Tegal Arum yang dibangun sekitar tiga hingga empat bulan tersebut mempunyai tujuh homestay dengan bentuk unik.
     
"Pembangunan ini untuk tahap pertama dan tahap kedua tahun depan akan membangun area yang saat ini masih kosong. Nanti ada satu joglo besar lagi dan ada halaman parkir untuk kemanfaatan yang lebih luas," katanya.
     
Ia mengatakan sesuai arahan Menteri BUMN, BUMN dalam rangka hadir untuk negeri membangun balkondes, bertujuan untuk mendorong meningkatkan kunjungan wisatawan ke Borobudur.
     
"Wisatawan bukan ke Candi Borobudur saja tetapi juga mendapatkan banyak inspirasi dalam mereka yang datang. Jadi mereka bisa akan dapat banyak dan waktu tinggalnya juga bisa lebih lama," katanya.
     
Ia menuturkan biasanya orang datang ke Borobudur pagi atau siang dan sorenya pulang, tetapi dengan ada balkondes dan homestay mereka bisa mencari inspirasi baru, melihat hal-hal yang berbeda, yang tidak hanya sekadar datang ke Candi Borobudur.
     
Ia mengatakan nanti bersama Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tegal arum, di sini ada homstay dan mereka akan membuat wisata edukasi, kegiatan taman bermain, dan mereka juga akan dorong untuk kuliner.
     
"Kami akan dukung program-program yang sudah mereka siapkan, sehingga harapannya nanti kehidupan masyarakat ini secara ekonomi dan sosial dapat lebih meningkat termasuk mendorong dan mengangkat wilayah Borobudur ini, khususnya Desa Tegal Arum," katanya. 
     
Ia mengatakan baklondes ini nantinya dikelola desa, maka desa harus lebih kretif untuk mendukung wisata di kawasan Borobudur.
     
Camat Borobudur Nanda Cahyadi Pribadi mengatakan Balkondes di Desa Tegal Arum ini merupakan balkondes ke-18 dari 20 desa di Kecamatan Borobudur.
     
Ia mengatakan Borobudur merupakan satu-satunya kecamatan yang memiliki 20 desa yang semuanya merupakan desa wisata.
     
Ia berharap kepada masyarakat Tegal Arum untuk ikut menjaga dan membesarkan balkondes ini guna mendukung pengembangan pariwisata di desa ini.

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Nur Istibsaroh
Copyright © ANTARA 2024