Cilacap (Antaranews Jateng) - General Manager (GM) Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap, Djoko Priyono bersama tim manajemen berkesempatan mengajar siswa Sekolah Dasar Negeri 3 Kelurahan Donan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, melalui kegiatan Pertamina Energi Negeri (PEN) III.

"Ada yang ingin jadi pekerja Pertamina..?" katanya saat mengajar di SDN 3 Kelurahan Donan, Kecamatan Cilacap Tengah, Cilacap, Senin.

Secara spontan, seluruh siswa SDN 3 Kelurahan Donan segera berteriak "saya mau (jadi pekerja Pertamina)".

Terkait dengan hal itu, Djoko meminta seluruh siswa untuk terus rajin belajar agar cita-citanya dapat tercapai.

Dalam kesempatan tersebut, dia menjelaskan tata nilai "6C" yang menjadi budaya kerja di Pertamina, yakni "Clean" (bersih), "Competitive" (kompetitif), "Confidents" (dipercaya), "Customer Focused" (fokus kepada pelanggan), "Commercial" (komersial), dan "Capable" (kemampuan).

"Keenam budaya kerja ini dapat juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari seluruh siswa," lanjutnya.

Dia mengaku sangat senang karena siswa sangat antusias mendengarkan cerita tentang Pertamina dan hal itu bisa menjadi motivasi bagi mereka dalam meraih cita-cita.

Selain di SDN 3 Kelurahan Donan, kegiatan tersebut juga dilakukan oleh Tim Manajemen Pertamina RU IV Cilacap di SDN 1 Kelurahan Gumilir dan SDN 2 Kelurahan Mertasinga, Kecamatan Cilacap Utara, serta Madrasah Ibtidaiyah Desa Bojong, Kecamatan Kawunganten, Cilacap.

Dalam kesempatan tersebut, Pertamina RU IV Cilacap memberikan bantuan sarana belajar untuk masing-masing sekolah berupa satu unit laptop, satu unit "printer", dan satu unit proyektor LCD.

Pertamina Energi Negeri (PEN) merupakan kegiatan sukarela yang diinisiasi secara murni oleh pekerja-pekerja muda Pertamina yang tergabung dalam "Culture Change Agent". ?

Mereka yang terlibat dalam kegiatan tersebut meliputi surelawan pengajar, dokumentasi, dan fasilitator tidak hanya meluangkan waktu satu hari untuk berkegiatan sosial, juga secara mandiri menyiapkan rencana kegiatan mengajar, perlengkapan, dan biaya yang mungkin timbul dari kegiatan itu.

Kegiatan PEN III digelar secara serentak di 17 kota seluruh Indonesia dengan melibatkan 1.435 pekerja Pertamina serta jumlah sekolah yang dijangkau mencapai 63 SD di sekitar wilayah operasi Pertamina. 

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024