Banjarnegara (Antaranews Jateng) - Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah akan melakukan pemangkasan pohon secara berkala guna mengantisipasi musibah terjadinya pohon tumbang, kata Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono.

"Pohon yang rawan tumbang akan dirapikan secara berkala agar tidak mengganggu kenyamanan warga," katanya di Banjarnegara, Selasa.

Dia meminta kepada dinas dan pihak terkait lainnya untuk melakukan pengecekan secara berkala.

"Harus rutin dilakukan pengecekan dan dirapikan, apalagi jika pohonnya sudah tua dan membahayakan warga, lebih baik ditebang saja," katanya.

Ia juga meminta petugas memangkas dahan pohon yang terlalu rimbun dan menghalangi lampu penerangan jalan.

"Terlebih lagi kita akan memperingati peringatan HUT Republik Indonesia, ada baiknya segera dirapikan dan dilakukan pemangkasan," katanya.

Sebelumnya, Kepala Pusat Mitigasi Bencana LPPM Universitas Jenderal Soedirman Dr. Endang Hilmi mengatakan antisipasi pohon tumbang perlu dilakukan agar tidak membahayakan pengguna jalan.

Selain pemangkasan secara berkala, kata dia, ada sejumlah upaya lain yang dapat dilakukan guna mengantisipasi terjadinya pohon tumbang.

"Upaya lain dapat dilakukan dengan melihat siklus hidup optimal pohon. Jika sudah melebihi waktu siklus hidup optimal sebaiknya diregenerasi," katanya.

Selain itu, kata dia, penting untuk mengetahui tanda-tanda pohon yang terserang penyakit, hama, dan rayap.?

"Bila terdapat kondisi demikian sebaiknya cepat ditebang. Selain itu, tanaman-tanaman yang kondisinya busuk atau `gerowong` sebaiknya diganti," katanya.

Selain itu, kata dia, sebaiknya di pinggir jalan tidak ditanam tanaman yang bercabang banyak.

 
 

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024