Pekalongan (Antaranews Jateng) - PT PLN Area Pekalongan, Jawa Tengah, membangun dua jaringan listrik baru untuk memperkuat dan memperbesar kapasitas penyaluran daya listrik kepada para pelanggan.

Manajer Area PLN Pekalongan Joko Hadihidayat di Pekalongan, Kamis, mengatakan bahwa dua jaringan baru tersebut dilakukan melalui pemasangan ratusan tiang utilitas untuk menopang tiang eksisting yang sebelumnya sudah ada.

"Pembangunan dua jaringan baru tersebut akan difokuskan pada dua wilayah yaitu ke arah Kedungwuni dan arah Wiradesa Kabupaten Pekalongan," katanya.

Menurut dia, program pembangunan jaringan baru tersebut merupakan bagian dari penyaluran cadangan daya berlimpah yang dimiliki oleh PLN Pekalongan.

"Tahun ini ada dua jaringan baru yang akan menyalurkan daya listrik dari gardu induk Pekalongan. Satu mengarah ke Kedungwuni dan satu lagi menyisir pantura ke arah Wiradesa," katanya.

Ia mengatakan dengan adanya jaringan baru itu maka dapat mengurangi beban jaringan eksisting yang sudah memiliki beban operasional tinggi.

Selain itu, kata dia, jaringan baru juga dapat memperbaiki kualitas tegangan, menambah keandalan sekaligus antisipasi untuk melayani pengajuan daya listrik baru dari masyarakat.

"Kami menggunakan kabel full isolasi sehingga jarak tiang akan semakin dekat antara 25 meter hingga 30 meter. Adapun tiang lama jaraknya mencapai 50 meter," katanya.

Mengenai penggunaan kabel dengan full isolasi, meski berdampak pada bertambahnya jumlah tiang yang disiapkan, kata dia, merupakan bagian dari upaya perbaikan pelayanan dan keamanan.

"Dengan kabel full isolasi maka jaringan akan lebih tahan terhadap gangguan dari benda apapun," katanya.

Pewarta : Kutnadi
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024