Semarang (Antaranews Jateng) - Partai Kebangkitan Bangsa menjadi partai politik pertama yang mendaftarkan bakal calon anggota legislatif tingkat provinsi periode 2019-2024 di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah.

Rombongan PKB yang dipimpin Sekretaris DPW PKB Jateng Sukirman tiba di kantor KPU Jateng di Semarang, Selasa, sekitar pukul 11.30 WIB dan langsung menuju aula untuk menyerahkan berkas pendaftaran.

Ditemui usai mendaftar secara resmi, pria yang menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Jateng itu mengatakan bahwa partainya yang pertama mendaftar di KPU Jateng.

"Alhamdulillah PKB partai bernomor urut 1 dan menjadi pendaftar pertama, semoga nanti di Pemilihan Anggota Legislatif 2019 juga menjadi pemenang nomor 1, apalagi pas mendaftar tadi juga diiringi adzan. Semoga ini pertanda baik," katanya.

Ia menyebutkan bahwa PKB menargetkan meraih 25 kursi dari 120 kursi anggota DPRD Jateng yang diperebutkan atau bertambah dari perolehan pada Pemilihan Anggota Legislatif periode sebelumnya.

Menurut dia, semua persyaratan terkait pencalonan legislator tingkat provinsi sudah dipenuhi oleh PKB, termasuk legalisasi ijazah dan syarat lain yang berlaku.

"Syarat keterwakilan perempuan PKB sebwsar 43,33 persen atau jauh dari syarat minimal yang hanya 30 persen," ujarnya.

KPU membuka pendaftaran calon anggota legislatif di tingkat nasional, provinsi, maupun kabupaten/kota periode 2019-2024 pada 4-17 Juli 2018.

Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024