Solo (Antaranews Jateng) - Tim Persis berhasil meraih tiga poin setelah mengalahkan Persibat Batang dengan skor 2-1 pada pertandingan lanjutan kompetisi Liga 2 yang digelar di Stadion Manahan Solo, Jawa Tengah, Jumat.

Persis yang menjamu Persibat disaksikan sekitar 20.000 penonton baik pendukung tim tuan rumah maupun tamu berjalan ketat dan menarik karena kedua tim saling menyerang ke pertahanan lawan.

Persis yang menjamu Persibat pada awal babak pertama langsung menekan ke pertahanan lawan dengan bola-bola pendek yang diperagakan duet strikernya, Johan Yoga dan Tri Handoko yang sering merepot pertahanan lawan.

Persis pada menit keempat mempu membuat gol melalui tendangan keras Johan Yoga setelah memanfaatkan umpan Ikhwan Azka, sehingga mengubah kedudukan menjadi 1-0 untuk tim tuan rumah.

Persis yang sudah unggul makin termotivasi untuk menekan lawan, dan beberapa peluang telah terjadi antara lain menit 27 melalui sundulan kepada Tri Handoko, tetapi sayang bola mampu ditangkap kiper Persibat, Eko Harno yang bermain lugas.

Persis menit 37 kembali mendapat peluang melalui sundulan kepala Ikhwan Citadi dari tendangan pojok yang dilakukan Bayu Andra, tetapi sayang bola tipis ke samping gawang Persibat. Kedudukan 1-0 untuk Persis masih bertahan hingga babak pertama usai.

Persis memasuki babak kedua dengan dikejutkan serangan balik cepat oleh Persibat pada menit 50, dan terjadi kemelut di depan gawangnya yang dijaga Galih Sudaryono. Pemain Persibat Busari berhasil menendang ke arah gawang dan gol menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Persis kembali bangkit mengambil inisiatif serangan dengan menekan dari berbagai sektor ke pertahanan lawan. Pemain Persis Ihkwan Azka menit 52 berhasil mencetak gol dengan sundulan kepala, sehingga kembali unggul 2-1. Gol Azka itu, berawal dari tendangan pojok yang dilakukan oleh Bayu Andra yang disambut dengan baik ke arah gawang Persibat.

Bahkan, Persis pada menit 86 mendapat peluang menambah gol melalui Dedi Cahyono yang tinggal berhadapan dengan kiper Persibat, tetapi sayang bolanya melenceng tipis kanan gawang lawan, sehingga kedudukan tetap 2-1 untuk tuan rumah hingga wasit yang memimpin pertandingan Priyadi Liska (Riau) meniup peluit panjang tandan babak kedua berakhir.

Pelatih Persibat Batang Daniel Roekito mengatakan pertandingan Persis melawan Persibat cukup berimbang meski akhirnya timnya kalah dengan skor 2-1.

"Kami bisa mengimbangi permainan Persis. Padahal secara materi kami kalah dibanding tim tuan rumah," kata Daniel.

Pelatih Persis Solo Jafri Sastra mengatakan timnya melawan Persibat bukan pertandingan yang mudah, tetapi bersyukur timnya akhirnya menang dengan meraih tiga poin penuh.

"Kami sengaja mengubah strategi babak kedua dengan melakukan rotasi pemain. Hal ini, untuk menjaga kondisi fisik karena jadwal kompetisi sangat padat," kata Jafri usai pertandingan.     

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024