Solo (Antaranews Jateng) - Persis merebut tiga poin setelah mengalahkan Cilegon United dengan skor 2-0 pada pertandingan lanjutan kompetisi Liga 2 Indonesia 2018 di Stadion Manahan Solo, Rabu petang.
     
     Persis melawan Cilegon yang disaksikan sekitar 20.000 penonton bermain dengan tempo tinggi dan cepat. Kedua kesebelasan saling melakukan serangan ke pertahanan lawan.

     Persis pada babak pertama dikagetkan dengan serangan balik cepat yang dilakukan Cilegon pada menit kelima melalui tendangan Rinto Ali. Namun, sayang yang tinggal berhadapan dengan kiper Galih Sudarsono, bolanya melambung sehingga hanya menghasilkan out gawang untuk tim tuan rumah.

     Persis kemudian mengambil alih permainan dengan menekan lawan. Peluang Persis menit kedelapan melalui tendangan Ikhwan Azka. Akan tetapi, sayang bolanya mampu ditangkap kiper Cilegon Ali Barkah. Dengan demikian, belum mengubah kedudukan tetap 0-0.

     Bahkan, pemain sayap kanan Persis Azka kembali mendapat peluang pada menit ke-23. Namun, sayang tendangan dari luar kotak penalti  melambung tipis di atas gawang Cilegon.

     Persis mampu mendapat peluang menjadi gol menit ke-35 melalui tendangan Sunarto yang memanfaatkan sodoran bola dari Soni Setiawan. Kedudukan menjadi 1-0 untuk tim tuan rumah. Kedudukan in, bertahan hingga babak pertama usai.

     Persis memasuki babak tetap mengambil inisiatif serangan untuk menggempur pertahanan Cilegon yang banyak pemain menumpuk di barisan belakang. Tim Cilegon mengandalkan serangan balik cepat jika Persis kehilangan bola saat melakukan serangan.

     Persis kembali mendapat peluang pada menit ke-47 melalui Sunarto yang tinggal berharapan dengan kiper Ali Barkah. Akan tetapi, sayang bola melenceng tipis di sebelah kanan gawang Cilegon. Kedudukan pun tidak berubah, tetap 1-0.

     Persis baru mampu menambah gol menit ke-57 melalui tendangan Azka yang berhasil lolos sendirian dan tinggal berhadapan dengan kiper Ali Barkah. Azka melepas tendangan keras ke sudut gawang Cilegon dan terjadi gol sehingga mengubah kedudukan menjadi 2-0 untuk Persis.

     Cilegon yang ketinggalan dua gol atas Persis kemudian berani membuka serangan untuk mengejar ketinggalannya. Namun, kuatnya pertahanan Persis yang dikoordinasi oleh Kapten tim Persis M. Wahyu masih sulit ditembus bagi tim tamu. Kedudukan 2-0 untuk Persis tetap bertahan hingga babak kedua usai.

     Wasit yang memimpin pertandingan antara Persis dan Cilegon Tommi Manggopa asal Sulawesi Utara mengeluarkan tiga kartu kuning untuk M. Diksi Hendika (Cilegon), Asyraq Gufran, dan Heru Setiawan (Persis).

     Pelatih Cilegon United Imam Riyadi mengatakan bahwa permainan dengan tempo tinggi. Ada beberapa peluang di babak pertama timnya. Namun, tidak membuahkan gol. Persis mendapat dua gol dari serangan balik setelah timnya kehilangan bola karena salah mengumpan bola.

     "Kedua gol Persis karena kesalahan pemainnya yang mengumpan bola saat menyerang. Dua gol Persis dengan cara proses yang sama," kata Imam usai pertandingan.

     Menurut Imam, timnya masih banyak yang harus dievaluasi. Skuatnya sudah bermain baik tetapi hasilnya yang tidak baik karena harus kebobolan dua gol.

     Pelatih Persis Solo Jafri Sastra mengatakan bahwa timnya bermain tidak seperti biasanya dan masih di bawah harapan. Namun, M. Wahyu dan kawan-kawan berhasil meraih tiga poin penuh.

     "Anak-anak bermain kurang begitu baik. Akan tetapi, hasilnya baik bisa mengalahkan Cilegon dengan dua gol tampa balas," kata Jafri Sastra.
***4***

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024