Solo (Antaranews Jateng) - Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta berupaya meningkatkan kompetensi guru tingkat sekolah menengah pertama (SMP) dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). 

"Selama ini sebetulnya secara praktik sudah cukup bagus, tetapi terkadang realisasi dalam proses pembelajaran tersebut tidak sesuai dengan rencana yang sudah disusun. Oleh karena itu, kami mengadakan pelatihan ini," kata salah satu panitia acara Ulfa Tursina di sela acara di Kampus UNS Surakarta, Sabtu.
 
Ia mengatakan kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk "workshop" atau pelatihan dengan mengusung tema "Penyusunan Perangkat Pembelajaran dalam Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Profesional MGMP Bahasa Indonesia SMP Kota Surakarta".

"Selain memberikan pelatihan, kami juga ingin melalui kegiatan ini para peserta dapat bertukar pengalaman dan kemampuan sehingga akhirnya bisa memperkaya kemampuan masing-masing guru," katanya.

Tujuan lain kegiatan yang merupakan kerja sama antara mahasiswa Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia UNS dengan Dinas Pendidikan Kota Surakarta tersebut, dikatakannya, dapat menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan, minat, inovasi, dan kreativitas para guru dalam penyusunan perencanaan pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja profesionalnya.

 "Selain itu adalah meningkatkan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang terarah untuk peningkatan profesionalisme secara berkelanjutan," katanya.

 Ia juga berharap melalui pelatihan tersebut UNS dapat membuka wawasan tentang pembelajaran saintifik dalam penerapannya pada penyusunan perencanaan pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013.
     

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024