Temanggung (Antaranews Jateng) - Kantor Panitia Pengawas Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, pascapelaksanaan Pilkada serentak 2018  masih dijaga sejumlah anggota Brimob Polda Jateng lengkap dengan senjata laras panjang guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kapolres Temanggung AKBP Wiyono Eko Prasetyo di Temanggung, Kamis, mengatakan di Kantor Panwaskab Temanggung ditempatkan dua peleton anggota Brimob Polda Jateng, satu peleton ditempatkan di Kantor KPU Temanggung, dan satu peleton tim pengurai massa yang digerakkan untuk melakukan patroli gabungan dengan TNI menggunakan kendaraan roda dua. 
 
"Sekarang masih masuk tahapan Pilkada karena kotak suara dan logistik masih ada di PPK dan nanti tanggal 29 mungkin baru direkapitulasi, jadi ini sesuai SOP. Kalau penjagaan masih dilakukan karena untuk pengamanan saja," katanya.

Menyinggung adanya dugaan politik uang dalam pilkada di Temanggung, dia enggan berkomentar panjang, karena hal itu masih menjadi ranahnya Panwaskab, persoalan tersebut juga sedang ditangani oleh Gakumdu.

 Ia mengimbau kepada para pendukung pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Temanggung agar saling menahan diri. 

"Kepada simpatisan atau pun pendukungnya saya imbau agar tetap menjaga situasi yang kondusif. Siapapun yang merasa menang tolong jangan melakukan pesta berlebihan, agar tidak menimbulkan kemarahan pada kubu-kubu yang kalah, jadi saling berempati, saling bersaudara. Kalau yang mau menempuh jalur hukum ya silakan, tapi sesuai jalurnya," katanya. 

Dandim 0706/Temanggung Letkol Kav Yusuf Setiaji menuturkan dari TNI menurunkan empat SSK. Tiga SSK disebar di seluruh wilayah Kabupaten Temanggung untuk pengamanan di kecamatan-kecamatan. Adapun satu SSK dari Batalyon Zipur IV Ambarawa, siaga di Makodim sebagai pasukan pemukul. Namun anggota dari Yon Zipur akan digantikan dengan anggota Batalyon Armed 3 Magelang. 

 "Kami melaksanakan operasi sifatnya perbantuan kepada Polres Temanggung. Kodim akan bergerak kalau Pak Kapolres minta, kalau memang diminta tambahan berapa pun kami siap. Saya mengimbau juga kepada para pendukung paslon baik menang maupun kalah agar menjaga diri, jangan memancing-mancing percayakan kepada penyelanggara pemilu," katanya. 
 

Pewarta : Heru Suyitno
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024