Magelang (Antaranews Jateng) - Duta Besar Republik Indonesia untuk Rusia M. Wahid Supriyadi mengajak Pemerintah Kota Magelang untuk ikut mempromosikan berbagai produk usaha menengah, kecil, dan mikro setempat dalam Festival Indonesia 2018 di Moskow, awal Agustus mendatang.

"Konsepnya `one stop shopping mall`. Di situ kita memamerkan, mempromosikan, dan menjual potensi daerah ke warga negara Rusia," katanya dalam kunjungan ke Kota Magelang dengan diterima Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina di Magelang, Kamis.

Festival Indonesia di Moskow yang akan dilaksanakan pada 2-5 Agustus 2018 itu, katanya, memberikan kesempatan kepada berbagai daerah di Indonesia untuk mempromosikan produk unggulan, seperti kuliner, kerajinan, fesyen, dan mebeler.

Ia mengaku melihat berbagai potensi Kota Magelang yang menarik untuk dipromosikan di Rusia melalui festival tersebut, salah satunya produk UMKM.

"Kebetulan saat ini kita sedang merintis `sister city` melalui Festival Indonesia, kita harapkan Kota Magelang dapat ikut serta," katanya.

Ia mengatakan festival tersebut sebagai agenda tahunan yang sudah ketiga kalinya dilaksanakan di Rusia, untuk memamerkan dan mempromosikan produk unggulan daerah, baik provinsi maupun kabupaten atau kota di Indonesia.

Ia mengatakan tentang antusiasme daerah di Indonesia yang cukup tinggi untuk ikut dalam festival tersebut, antara lain jumlah gerai pameran yang meningkat dari tahun ke tahun.

Festival Indonesia di Moskow pada 2017 menggelar 70 gerai pameran, sedangkan pada 2018 meningkat menjadi 100 gerai. Beberapa daerah yang akan mengikuti kegiatan itu, antara lain DKI Jakarta, Bali, Aceh, Bangka Belitung, Sumatera Barat, dan Sulawesi Tengah.

Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina menyambut positif ajakan tersebut, antara lain karena berbagai produk UMKM setempat layak bersaing di pasar luar daerah itu.

Pameran dan promosi, ujarnya, sebagai kesempatan yang baik terkait dengan upaya pemkot setempat makin mengembangkan UMKM di daerah itu.

"Harapannya tahun ini dan tahun-tahun depan Kota Magelang bisa ikut sehingga menjadi motivasi bagi kami untuk mengembangkan produk-produk UMKM," katanya.

Pemkot Magelang, katanya, perlu mempersiapkan dengan mantap keikutsertaan dalam festival internasional tersebut.

Windarti menyatakan akan segera berkonsultasi dengan Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito untuk menanggapi ajakan Dubes Supriyadi terkait dengan ketikutsertaan produk UMKM setempat dalam festival di Rusia dengan tema "Visit Wonderful Indonesia Explorer Our Region" tersebut. (hms).
 

Pewarta : M. Hari Atmoko
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024