Solo (Antaranews Jateng) - Pemerintah Kota Surakarta akan mengoptimalkan destinasi wisata di Kota Solo untuk menambah tingkat kunjungan wisatawan khususnya dari luar kota.

"Banyak sekali potensi di kota ini yang masih bisa digali, apalagi saat ini muncul tempat-tempat baru yang bisa dijadikan sebagai destinasi wisata," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Surakarta Hari Prihatno di Solo, Kamis.

Ia mengatakan salah satunya adalah pusat kuliner malam Solo, New Galabo yang berada di sebelah selatan Benteng Vastenburg, Solo.

"Ini kan ada di kawasan Gladak di mana tempat tersebut dekat dengan destinasi lain, seperti pusat perbelanjaan, keraton, dan benteng. Jadi tempatnya sangat strategis," katanya.

Untuk mengoptimalkan wisata kuliner tersebut, dikatakannya sesuai dengan arahan Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo akan dibarengi dengan pengembangan wisata transportasi yaitu Kereta Api Jaladara dan Bus Werkudara.

"Sesuai dengan arahan, kedua moda transportasi ini akan ditambah waktu operasionalnya, yaitu hingga malam hari. Harapan kami nantinya bisa memancing munculnya atraksi-atraksi wisata sehingga wisatawan makin senang," katanya.

Terkait hal itu, saat ini pihaknya tengah melakukan koordinasi dengan Dinas Pariwisata Kota Surakarta.?

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Surakarta Hasta Gunawan mengatakan akan mematangkan rencana tersebut mengingat saat ini akses menuju ke Solo juga makin mudah dengan beroperasinya akses tol Trans Jawa yang melintasi Kota Solo.

"Setidaknya akses tersebut dapat kita manfaatkan dengan baik. Kalau kita optimal menggarap sektor ini tentu akan makin banyak wisatawan dari luar kota yang datang ke Solo," katanya.

Senada dengan Hari, Hasta berharap rencana pemerintah tersebut nantinya dapat diikuti dengan atraksi-atraksi wisata yang menarik.

"Kalau tidak ada atraksi unik, menarik, dan memiliki nilai jual maka wisatawan tidak berbelok ke Solo, namun menuju daerah lainnya yang potensi wisatanya lebih baik lagi," katanya.

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024