Solo (Antaranews Jateng) - Pemain Persis yang sudah kembali menjalani latihan rutin kondisi stamina pascalibur Lebaran 2018 tetap stabil untuk persiapan kompetisi putaran pertama Liga 2 Indonesia 2018.

"Para pemain Persis sehabis libur selama 10 hari untuk Lebaran di kampung halamannya masing-masing dan kembali ketika ke Solo, kondisi staminanya terjaga stabil," kata Asisten Pelatih Fisik Persis Solo, Budi Kurnia, di Solo, Senin.

Menurut Budi Kurnia, seluruh pemain sudah bergabung di Solo. Pada latihan perdana pasca-Lebaran menjalani tes fisik dan M Wahyu dan kawan-kawan hasilnya rata-rata cukup memuaskan.

"Kondisi fisik pemain stabil, meski ada sedikit penurunan beberapa pemain. Namun, mereka tidak terlalu signifikan," kata Budi Kusuma.

Pelatih fisik Budi Kusuma mengemukakan tes fisik para pemain menggunakan metode "balke test", dan beberapa pemain mengalami penurunan. Namun, beberapa pemain kondisi fisik atau "VO2Max"-nya masih di atas rata-rata.

Pemain Persis sebelum libur Lebaran telah diberikan pekerjaan rumah (PR), yakni latihan mandiri agar pemain dapat menjaga stamina.

Menurut dia, dalam tes fisik para pemain diberikan waktu 15 menit untuk lari mengelilingi sintelban Stadion Manahan dengan sekali putaran berjarak 400 meter. 

Sejumlah pemain Persis ada peningkatan dari tes sebelumnya, di antaranya Galih Sudaryono (kiper), Chandra Waskito (striker), Sunarto (gelandang), Bayu Andra (gelandang), Soni Setiawan (bek), Jalwandi (gelandang), Johan Yoga (striker), Dedi Cahyono Putro (gelandang), dan Azka Fauzi (bek).

"Pemain selama libur Lebaran menjalankan program latihan mandiri yang disusun tim pelatih. Fisik pemain tidak ada perubahan, program latihan selama Ramadhan ditambah program mandiri libur Lebaran," katanya.

Jadwal kompetisi Liga 2 Persis Solo tahun ini akan menjalani pertandingan melawan Cilegon United di Stadion Manahan Solo, pada Rabu (4/7), kick off pukul 19.00 WIB.

Selanjutnya bermain tandang melawan tim tuan rumah Persik Kendal di Stadion Utama Kebondalem, Senin (9/7), pukul 16.00 WIB, serta penjamu Persibat Batang di Stadion Manahan Solo, Jumat (9/7).

Persis kembali bermain tandang melawan Persika Karawang, di Stadion Singaperbangsa Karawang, Kamis (19/7), lawan PSIR Rembang di Stadion Krida Rembang, Rabu (25/7). Selanjutnya, menjamu Persita Tangerang di Stadion Manahan Solo, Senin (30/7), pukul 16.00 WIB. 

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024