Solo (Antaranews Jateng) - PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Surakarta mendorong penerbangan ke Eropa seiring dengan dicabutnya larangan terbang maskapai penerbangan Indonesia ke Eropa oleh Uni Eropa.
   
 "Dengan dicabutnya 'EU Flight Ban' atau larangan terbang dari Uni Eropa ini kan pihak maskapai juga jadi tahu kalau sekarang tidak masalah membuka rute ke Eropa. Oleh karena itu, saat ini sedang kami dorong ke sana," kata General Manager PT Angkasa Pura (AP) I Bandara Adi Soemarmo Abdullah Usman di Solo, Kamis.

     Ia mengatakan jika saat ini okupansi penerbangan rute Solo-Jeddah banyak diminati masyarakat, diharapkan ada maskapai penerbangan yang tertarik membuka rute Solo-Yordania.
 
   "Jadi kalau bisa ada jamaah ke Jedah, ada juga jamaah ke Yerusalem," katanya.
 
   Selain itu, saat ini pihaknya juga tengah melakukan lobi kepada sejumlah maskapai penerbangan agar membuka rute penerbangan ke Belanda namun khusus untuk pengiriman logistik. 
 
   Ia mengatakan rute tersebut cukup potensial mengingat banyak logistik dari Belanda yang dikirim ke Solo tetapi pengirimannya lewat bandara di Jakarta dan dikirim ke Solo melalui jalan darat.
 
   "Tetapi memang pengiriman logistik dari Belanda ke Solo yang cukup banyak ini tidak seimbang dengan pengiriman ke arah Belanda yang sering kosong," katanya.

     Sebelumnya, mengenai pencabutan "EU Flight Ban" tersebut Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub RI Agus Santoso mengatakan pemerintah menyambutnya dengan baik.

     Ia mengatakan dengan pencabutan larangan terbang tersebut esensinya adalah untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat internasional terhadap dunia penerbangan di Indonesia.
 

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024