Purwokerto (Antaranews Jateng) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, membuka posko Lebaran guna memberikan pelayanan kepada pemudik, kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Banyumas Prasetyo Budi Widodo.

"Posko sudah mulai beroperasi sejak tanggal 9 Juni hingga 24 Juni," katanya di Purwokerto, Minggu.

Dia menjelaskan, posko beroperasi di?Desa Sawangan, Kecamatan Kebasen yakni di jalur Sampang - Buntu.

Pihaknya berharap, posko tersebut dapat dimanfaatkan oleh para pemudik untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan.

Posko tersebut, tambah dia, juga dapat dimanfaatkan oleh para pemudik yang merasa lelah dan membutuhkan tempat istirahat sebelum melanjutkan perjalanan.

"Pemudik yang kelelahan akibat perjalanan jauh bisa memanfaatkannya agar kecelakaan di jalan akibat kelelahan pengemudi bisa diantisipasi," katanya.

Selain posko utama, tambah dia, BPBD Kabupaten Banyumas bekerjasama dengan pihak terkait lainnya, juga mendirikan posko pemantauan.

"Selain mendirikan posko utama, kami juga bermitra dengan instansi lainnya mendirikan beberapa posko pemantauan di beberapa tempat," katanya.

Posko pemantauan, kata dia, berlokasi di Pekuncen, Ajibarang, Wangon, Baturraden, Sokaraja dan Sumpiuh.

BPBD Banyumas, tambah dia, juga mengingatkan calon pemudik yang nantinya akan melintasi Kabupaten Banyumas untuk berhati-hati.

"Terlebih banyak jalan dengan kontur perbukitan dan berkelok-kelok dan banyak tikungan tajam sehingga harus berhati-hati," katanya.

Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor : Heru Suyitno
Copyright © ANTARA 2024