Solo (Antaranews Jateng) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Surakarta berharap pelaksanaan Rapat Pimpinan Nasional yang digelar di Solo pada bulan November 2018 memberikan hawa segar bagi sektor pariwisata lokal.

"Kebetulan dilaksanakan di Solo, ini kesempatan bagi kami untuk mengeksplorasi potensi wisata dan bisnis yang ada di kota ini," kata Ketua Kadin Kota Surakarta Gareng S Haryanto di sela penyerahan bantuan ke Panti Asuhan Yatim Piatu Al Ikhsan Solo, Selasa.

Ia berharap pelaksanaan rapimnas menjadi pintu masuk kegiatan lain Kadin untuk bisa dilaksanakan di Kota Solo.

"Pada prinsipnya ini bisa memajukan perekonomian di Kota Solo, baik dari sisi wisata hingga sektor kuliner," katanya.

Sementara itu Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Surakarta Abdullah Soewarno mendorong agar Kadin pusat bisa membawa even nasional ke Kota Solo.

"Entah itu raker, munas, maupun muscab agar Solo makin dikenal. Mereka juga harus tahu seperti apa moncernya kepariwisataan di Kota Solo," katanya.

Dari sisi ketersediaan kamar, dikatakannya, juga siap mengingat saat ini ketersediaannya mencapai 8.000 kamar.

"Ini akan terus bertambah seiring dengan banyaknya hotel baru. Apalagi saat ini juga ada beberapa pembangunan hotel yang tertunda, harapannya ini bisa segera diselesaikan agar ketersediaan kamar makin banyak," katanya.

Sementara itu, terkait dengan pemberian bantuan tersebut, Kadin menyerahkan makanan dan alat salat kepada 50 anak yatim piatu di panti asuhan tersebut.

 

Pewarta : Aris Wasita
Editor : Antarajateng
Copyright © ANTARA 2024