Magelang (Antaranews Jateng) - Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito mengatakan Bulan Puasa Ramadhan 1439 Hijriah harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh umat Islam di daerah itu untuk menebarkan berbagai inspirasi bagi kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat setempat.

"Saya percaya, ibadah puasa yang dilaksanakan oleh umat muslim di Bulan Ramadhan kali ini tidak akan menjadi penghalang untuk terus menebarkan inspirasi positif bagi masyarakat," ujar dia di sela upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2018 tingkat Kota Magelang di halaman Kantor Pemkot Magelang di Magelang, Senin.

Ia menyebut peringatan Harkitnas 2018 yang bertepatan dengan Bulan Puasa Ramadhan 1439 Hijriah sebagai waktu yang baik untuk meningkatkan kadar keimanan umat Islam, khususnya di daerah dengan tiga kecamatan dan 17 kelurahan tersebut.

Peringatan Harkitnas 2018, ujarnya, meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengembangkan diri dan menghadirkan banyak gagasan serta kepeloporan untuk memperkuat kesatuan dan persatuan bangsa.

"Saya sangat menghargai dan mengapresiasi keterlibatan saudara-saudara sekalian pada upacara kali ini. Mari gunakan momentum Harkitnas sebagai upaya penyadaran untuk selalu mengembangkan diri, menghadirkan sebanyak mungkin ide, gagasan, dan kepeloporan yang mampu memperkuat bangsa," kata dia.

Pada upacara peringatan Harkitnas 2018 tingkat Kota Magelang itu, Wali Kota Sigit juga menyerahkan secara simbolis penghargaan kepada pemenang Lomba Gunungan Palawija dan Lomba Kirab Budaya dalam rangkaian perayaan Hari Jadi Ke-1112 Kota Magelang, beberapa waktu lalu.

Para juara Lomba Gunungan Palawija secara berturut-rutur yakni juara I Kelurahan Gelangan, juara II Kelurahan Tidar Utara, juara III Kelurahan Kemirirejo, juara harapan I Kelurahan Cacaban, juara harapan II Kelurahan Magersari, dan juara harapan III Kelurahan Kedungsari.

Para juara Lomba Kirab Budaya secara berturut-turut yakni juara I SMPN 2 Magelang, juara II SMAN 2 Magelang, juara III SMPN 1 Magelang, juara harapan I SMPN 13 Magelang, juara harapan II SMKN 2 Magelang, dan juara harapan III SDN Kedungsari 5.

Ia mengharapkan lomba tersebut memperkuat semangat masyarakat Kota Magelang dalam menjaga adat dan budaya setempat.

Upacara juga ditandai dengan pembacaan amanat tertulis peringatan Hari Kebangkitan Nasional 2018 dari Menteri Komunikasi dan Informatika Rudi Antara oleh Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito.

Setelah upacara, Wali Kota Sigit bersama rombongan pejabat setempat lainnya melakukan tabur bunga di Tempat Makam Pahlawan Giriloyo Kota Magelang. (hms)
 

Pewarta : M. Hari Atmoko
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024