Magelang (Antaranews Jateng) - Pemerintah Kota Magelang mengoperasikan sodetan Jalan Jenderal Sarwo Edi Wibowo-Jalan Jenderal Sudirman sepanjang 250 meter dan lebar sekitar 12 meter yang dibangun dengan anggaran Rp3,5 miliar, terutama untuk meminimalkan kemacetan lalu lintas saat Lebaran mendatang.

"Pembukaan jalan ini untuk mengurai kemacetan di kawasan ini. Seperti sudah saya janjikan, pagi (17/5) ini kita buka jalan pintas Jalan Sarwo Edi-Jalan Sudirman," kata Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito saat peresmian pengoperasian sodetan jalan itu yang juga dihadiri antara lain Wakil Wali Kota Magelang Windarti Agustina di Magelang, Kamis.

Dana pembangunan sodetan jalan dengan aspal hotmix di dekat persimpangan jalan utama depan mal Artos di kawasan perbatasan Kota dan Kabupaten Magelang itu, bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kota Magelang pada 2017 dan 2018 sekitar Rp3,5 miliar.

Sigit mengharapkan pembukaan jalan itu membuat arus lalu lintas menjadi lebih lancar, terlebih dalam menghadapi masa liburan Idul Fitri 1439 Hijriah di kota setempat. Kota Magelang sebagai daerah perlintasan Yogyakarta-Semarang-Salatiga.

Pada kesempatan itu, ia juga meminta kepada organisasi perangkat daerah terkait untuk segera melengkapi infrastruktur tersebut dengan rambu-rambu lalu lintas, lampu penerangan jalan, dan taman yang baik.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pemerintah Kota Magelang Yonas Nusantrawan Bolla mengatakan sodetan jalan tersebut sudah bisa digunakan untuk berlalulintas meskipun pembangunannya tinggal tahapan akhir.

"Tinggal 'finishing' saja. Pertimbangan kita membuka jalan ini sekarang karena menghadapi libur Lebaran sehingga akan banyak kendaraan yang lewat. Selain itu, karena konstruksi jalan berupa aspal hotmix maka kalau sering dilalui akan semakin halus dan bagus," katanya.

Terkait dengan operasional jalan tersebut, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Pemkot Magelang dan Satuan Lalu Lintas Polres Magelang Kota. Jalur tersebut untuk pengendara dari Jalan Jenderal Sarwo Edi Wibowo ke Jalan Jenderal Sudirman atau ke arah dalam Kota Magelang.

Kepala Dishub Pemkot Magelang Suryantoro juga menjelaskan tentang manfaat jalan tersebut yang untuk mengurangi kemacetan arus lalu lintas di jalur utama di kawasan tersebut.

Pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polres Magelang Kota untuk mengoperasikan jalan tersebut.

"Kendaraan yang bisa lewat masih seputar kendaraan umum dan pribadi. Kalau bus dan truk belum bisa," kata dia. (hms)

Pewarta : M. Hari Atmoko
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024