Purwokerto (Antaranews Jateng) - Sebanyak dua kereta api yang diberangkatkan dari wilayah PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi Purwokerto, Jawa Tengah, menerapkan program tarif promo, kata Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto Ixfan Hendriwintoko.

"Dua kereta api yang menerapkan program tarif promo itu terdiri atas KA Purwojaya relasi Cilacap-Puwokerto-Gambir dan KA Sawunggalih relasi Kutoarjo-Pasarsenen," katanya di Purwokerto, Kamis.

Ia mengatakan program tarif promo yang dikemas dengan tema "Berkah Ramadhan" itu merupakan upaya PT KAI (Persero) dalam memanjakan pelanggan jasa kereta api.

Dalam hal ini, kata dia, tarif promo tersebut diberlakukan untuk kelas eksekutif dengan harga tiket mulai dari Rp100.000 dan dapat dipesan sejak tanggal 19 Mei 2018.

Lebih lanjut, Ixfan mengatakan tarif promo yang diterapkan KA Purwojaya relasi Cilacap-Purwokerto-Gambir dan sebaliknya untuk keberangkatan tanggal 21--31 Mei sebesar Rp200.000 dan hanya tersedia sebanyak 100 tempat duduk untuk setiap relasi.

Sementara tarif promo KA Sawunggalih relasi Kutoarjo-Pasarsenen dan sebaliknya untuk keberangkatan tanggal 21--31 Mei sebesar Rp200.000, hanya tersedia sebanyak 50 tempat duduk untuk setiap relasi.

"Tarif promo untuk KA Purwojaya maupun KA Sawunggalih dari arah Jakarta tidak berlaku untuk keberangkatan tanggal 25 Mei, sedangkan tarif promo untuk KA dari arah sebaliknya tidak berlaku untuk keberangkatan tanggal 27 Mei dan 29 Mei," katanya.

Selain sebagai apresiasi kepada pelanggan setia kereta api, kata dia, program tarif promo juga diharapkan akan meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan jasa angkutan kereta api.

Menurut dia, program tarif promo juga dapat digabungkan dengan reduksi lain seperti reduksi lansia, TNI/Polri, LVRI, dan sebagainya sesuai dengan peraturan yang berlaku serta dapat dibatalkan dan jadwalnya dapat diubah.

"Tiket promo bisa dibeli di loket reservasi, semua kanal penjualan, dan berlaku parsial serta sudah ditentukan jumlah 'seat' (tempat duduk) di setiap KA," katanya.

Ia mengatakan selain KA Purwojaya dan KA Sawunggalih, sebanyak empat KA yang melintas di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto juga menerapkan tarif promo, yakni KA Argo Dwipangga, KA Argo Lawu, KA Taksaka, dan KA Lodaya dengan harga tiket masing-masing sebesar Rp200.000.

Menurut dia, jumlah tiket tarif promo yang disediakan untuk KA Argo Dwipangga, KA Argo Lawu, dan KA Taksaka sebanyak 100 tempat duduk, sedangkan untuk KA Lodaya sebanyak 50 tempat duduk.

"Semoga dengan adanya tarif promo pada bulan Ramadhan ini dapat menjadi berkah dan makin meningkatkan kepercayaan masyarakat menggunakan jasa angkutan kereta api," katanya. 

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024