Purwokerto (Antaranews Jateng) - Calon Wakil Bupati Banyumas, Jawa Tengah, Ifan Haryanto mengajak generasi muda Muslim di daerah ini untuk mencintai masjid agar terhindar dari perbuatan-perbuatan negatif.

"Selama ini kita lupa bahwa masjid merupakan tempat pertemuan masyarakat yang beragama Islam, paling sering dikunjungi masyarakat, setidaknya dalam sehari lima kali," kata Sekretaris Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia Masa Bakti 2014-2017 itu di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Minggu.

Menurut dia, masyarakat sering kali lupa bahwa masjid memiliki potensi yang sangat besar besar sebagai pusat kegiatan untuk mendukung program-program pemerintah seperti penanggulangan bahaya narkoba dan terorisme atau radikalisme.

Selain itu, kata dia, masjid dapat dijadikan sebagai tempat mitigasi bencana (tindakan mengurangi dampak bencana) karena selama ini masyarakat sering kali menjadikan masjid sebagai tempat pengungsian ketika terjadi bencana.

"Mari kita manfaatkan masjid itu betul-betul sebagai pusat untuk memonitor, mengevaluasi, pengendalian, serta pengobatan masyarakat dalam kaitannya dengan penanggulangan bahaya narkoba dan terorisme maupun radikalisme serta mitigasi bencana," kata Calon Wakil Bupati yang mendampingi Calon Bupati Mardjoko itu.

Terkait dengan hal itu, Ifan mengajak sekitar 250 generasi muda Muslim yang merupakan pemilih pemula untuk nonton bareng film Lima Penjuru Masjid bersama sutradara Humar Hadi di Bioskop Rajawali, Purwokerto, Minggu (22/4).

Menurut dia, film tersebut mengungkap cerita religi seputar masjid dan mengandung pesan moral yang baik bagi kawula muda.

"Saya sangat mengapresiasi terhadap film Lima Penjuru Masjid dan berharap film ini meraup sukses. Saya yakin ke depan, film yang menyampaikan pesan moral yang baik kepada kawula muda akan laris manis, asalkan dibungkus dengan kemasan cerita yang menarik," katanya.

Seperti diketahui, Pilkada Banyumas yang akan digelar pada tanggal 27 Juni 2018 akan diikuti dua pasangan calon bupati dan wakil bupati, yakni pasangan Mardjoko/Ifan Haryanto dengan nomor urut 1 serta pasangan Achmad Husein/Sadewo Tri Lastiono dengan nomor urut 2.

Pasangan Mardjoko/Ifan Haryanto diusung Partai Golongan Karya, Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Gerakan Indonesia Raya, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Amanat Nasional, dan Partai Persatuan Pembangunan, sedangkan pasangan Achmad Husein/Sadewo Tri Lastiono diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Demokrat, dan Partai Nasional Demokrat.

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024