Purwokerto (Antaranews Jateng) - Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas Bumi Banyumas, Jawa Tengah, memastikan bahan bakar minyak jenis premium masih tersedia di sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum di daerah ini.

"Ketersediaan BBM di Banyumas masih aman, tidak ada permasalahan," kata Ketua DPC Hiswana Migas Banyumas Anas Pribadi di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Kamis.

Kendati demikian, dia mengakui jika saat ini BBM jenis premium sedang menjadi sorotan dalam beberapa waktu terakhir, tidak hanya di Banyumas saja karena berbagai daerah mengalami hal yang sama.

Bahkan, kata dia, banyak foto-foto terkaitn antrean kendaraan berbahan bakar premium di sejumlah SPBU yang diunggah di berbagai media sosial.

"Mestinya kalau mau diunggah (ke media sosial) sudah dari dulu," katanya.

Terkait dengan antrean yang terjadi pada jalur penjualan premium di sejumlah SPBU, dia mengatakan hal itu bukan berarti adanya kelangkaan BBM tersebut, melainkan karena SPBU di wilayah Jawa dan Bali tidak lagi diwajibkan menjual premium.

Selain itu, konsumen saat sekarang sudah banyak yang beralih dari premium ke pertalite karena dinilai lebih irit dan bagus terhadap mesin.

Oleh karena itu, banyak SPBU di Kabupaten Banyumas yang saat sekarang tidak menyediakan premium dan menggantinya dengan pertalite.

"Apalagi anak-anak muda sekarang, banyak yang memilih menggunakan pertamax untuk kendaraan mereka," kata Anas.

Meskipun terjadi pergeseran penggunaan BBM dari premium ke pertalite, kata dia, beberapa SPBU di Kabupaten Banyumas terutama yang berada di jalur angkutan kota dan pedesaan masih menyediakan premium.

Sales Representative BBM Retail Region V Pertamina Pemasaran Jateng-DIY Satrio Wibowo Wicaksono mengatakan saat sekarang, pendistribusian premium dilakukan untuk daerah-daerah di mana masyarakatnya benar-benar masih membutuhkan BBM tersebut.

"Saat ini, di Banyumas masih ada sekitar 50 SPBU yang menyediakan premium. Kami mendistribusikannya kalau SPBU minta," jelasnya.

Salah seorang pengurus Hiswana Migas Banyumas, Heru Listianto mengatakan jika beberapa waktu sebelumnya, SPBU miliknya hanya melayani penjualan premium pada pagi dan sore hari.

Akan tetapi saat sekarang, kata dia, penjualan premium dilakukan sejak pukul 07.00 WIB-18.00 WIB.

"Namun kenyataannya tidak ada antrean di jalur penjualan premium," katanya.

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024