Batang (Antaranews Jateng) - Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian RI Irjen Polisi Royke Lumowa menyatakan optimistis jalur Tol Semarang-Batang sudah dapat dilalui pemudik pada arus mudik dan balik Lebaran 2018.

"Nantinya arus mudik dari arah Jakarta yang akan memasuki Jawa Tengah dapat langsung melintasi jalan tol itu meski sebagian kondisinya dalam bentuk fungsional," katanya di Batang, Jawa Tengah, Kamis.

Ia mengatakan arus mudik Lebaran yang melintas pada jalur pantai utara (pantura) diprediksi akan mulai pada minggu pertama Juni 2018.

"Oleh karena, menjelang arus mudik Lebaran 2018 akan kami tingkatkan komunikasi dengan PT Waskita Karya sebagai pengembang proyek terkait perkembangan pembangunan jalan tol bisa setiap minggu bahkan tiap hari," katanya.

Adapun untuk antisipasi kemacetan yang kemungkinan terjadi pada jalur tol Semarang Batang, kata dia, Polri akan membuka tiga pintu exit pada sepanjang tol Semarang-Batang.

"Kami akan membuka pintu exit tol seperti di Gringsing, Weleri, dan Kaliwungu. Nantinya, Polri juga melakukan rekayasa arus lalu lintas yang lebih spesifik dengan melalui analisa dari Ditlantas Polda Jateng bersama pihak-pihak yang terkait," katanya.

Direktur Utama Jasa Marga Semarang-Batang, Arie Irianto mengatakan bahwa saat ini pembangunan jembatan Kalikuto (perbatasan Kabupaten Batang-Kendal) sedang pada tahap proses pembangunan tiang penyangga jembatan.

Rencananya, kata dia, pemasangan "Girder" penghubung akan dilaksanakan pada minggu ketiga April 2018.

"Akan tetapi, jika belum selesai untuk arus mudik Lebaran maka kami akan menggunakan pelat baja sebagai jalan dengan diusahakan sudah dalam bentuk cor," katanya.

Ia mengatakan saat ini masih ada masalah dalam proses pembangunan jalan tol tersebut yaitu pengadaan bahan baku yang harus diimpor dari Eropa.

"Namun, kami sudah koordinasikan dengan Kementrian PUPR dan Kementerian Perdagangan terkait kustomasi bahan baku itu," katanya.

 

Pewarta : Kutnadi
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024