Solo (Antaranews Jateng) - Berbagai klub renang asal Surakarta mendominasi perolehan medali kejuaraan nasional renang kelompok umur taruna merebutkan Piala Kapolda Jawa Tengah II di Kolam Renang Tirtomoyo Manahan, Kota Solo, Jumat.

Pada kejurnas yang diikuti 54 klub dari berbagai daerah di Indonesia tersebut, Klub Almagary Cellenge Swimming (ACS) Solo menempati urutan pertama dengan 24 medali emas, 14 perak, dan 14 perunggu, disusul Paswino (Solo) dengan 12 emas, 12 perak, dan delapan perunggu.

Klub Bintang Timur Solo menempti urutan ketiga dengan delapan emas, enam perak, dan dua perunggu. Kejurnas melombakan 98 nomor.

Ketua Pengkot Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kota Surakarta Devi Rahyuanto mengatakan tiga perkumpulan renang asal kota tersebut berhasil menyingkirkan 48 klub dari berbagai daerah, seperti Yogyakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, Kalimantan Timur, Bali, dan Sumatera Barat.

Ia mengatakan dengan prestasi ketiga perkumpulan renang di Surakarta tersebut, membuktikan bahwa kota tersebut menjadi gudang bibit-bibit perenang potensial.

Mereka, katanya, harus terus dibina, baik melalui pemerintah kota maupun pihak swasta, sehingga para perenang Solo mampu mendukung atlet Jawa Tengah pada masa mendatang.

"Klub ACS sukses menjadi juara umum. Perenang Amelia Kartika Putri dari kelompok umur grup 2 meraih sembilan emas dan satu perak terpilih etlet terbaik," katanya.

Perenang lainnya asal Solo, Jonatan Pinanditho, dengan tujuh emas, satu perak, dan satu perunggu, sedangkan Christabelle Angelina Susanto dengan empat emas, dua perak, dan satu perunggu.

Ketua Umum Klub ACS Weli mengatakan keberhasilan klubnya mempertahankan gelar dalam kejuaraan tahun ini karena usaha serius semua pihak, baik pelatih, perenang, maupun para orang tua atlet.

Gelar itu, katanya, menjadi penyemangat para atlet untuk meraih prestasi yang lebih baik pada kejuaraan berikutnya.

Pimpinan Cabang Bank BRI Sudirman Solo Andy Sulistyo mengatakan Bank BRI selaku sponsor kejurnas tersebut mendukung berbagai kegiatan yang sifatnya positif, seperti kejurnas renang memperebutkan Piala Kapolda Jateng II.

Dia mengharapkan munculnya bibit-bibit baru renang, khususnya dari Solo, untuk bisa lebih sukses pada masa mendatang dengan membawa nama baik kota tersebut ke tingkat nasional dan internasional.

"Kami dari sisi meningkatkan prestasi seperti cabang olahraga renang selalu dan siap memberikan `support`," kata Andy usai upacara penyerahan medali dan Piala Kapolda.

Selain memberikan dukungan untuk suksesnya kegiatan renang, pihaknya juga mempromosikan BRI agar lebih dikenal, khususnya oleh masyarakat Kota Solo. BRI selalu ada terkait dengan kegiatan-kegiatn positif, seperti olahraga dan seni.

"Kami berharap tidak hanya di sini saja, tetapi kejurnas renang Piala Kapolda ini, menjadi `event` yang kontinyu," katanya.

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor : Heru Suyitno
Copyright © ANTARA 2024