Banjarnegara (Antaranews Jateng) - Pemerintah Kecamatan Pandanarum, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, menawarkan pesona wisata Watu Kandang yang berlokasi di Desa Pringamba, kata Camat Pandanarum Sri Handono.

"Watu Kandang daerah bebatuan dan di sekitarnya terdapat sebuah sendang. Berdasarkan cerita para leluhur, jika kita membasuh muka dengan air sendang itu akan mendapatkan berkah," katanya di Banjarnegara, Kamis.

Ia mengatakan pada zaman penjajahan, Watu Kandang digunakan oleh masyarakat setempat untuk bersembunyi dari kejaran penjajah.

Menurut dia, objek wisata Watu Kandang telah diluncurkan satu paket dengan wisata Gunung Condong pada 2017.

"Gunung Condong letaknya berdekatan dengan Watu Kandang. Dari atas Gunung Condong, wisatawan bisa menikmati keindahan Gunung Slamet dengan jelas, hamparan alam pedesaan, dan kawasan hutan pinus. Ke depan, di atas Gunung Condong akan dilengkapi dengan wahana untuk swafoto," katanya.

Menurut dia, di Gunung Condong terdapat tebing tegak dengan ketinggian sekitar 50 meter yang cocok untuk kegiatan panjat dinding.

Selain itu, kata dia, di sekitar Gunung Condong juga terdapat hutan bambu kecil yang biasa disebut oleh masyarakat setempat dengan nama bambu ancoy.

"Paket wisata Watu Kandang dan Gunung Condong ini sebenarnya kami siapkan sebagai tempat transit bagi wisatawan sebelum menuju beberapa objek wisata lain yang ada di Kecamatan Pandanarum," katanya.

Handono mengatakan ke depan, wisatawan yang transit di Watu Kandang dan Gunung Condong akan diajak berwisata menggunakan jip menuju objek wisata air terjun Sindurejo, melihat keindahan jurang yang sangat dalam di Pasegeran, dan terakhir menikmati kuliner berupa masakan dari ikan di tepian sungai Desa Pringamba.

Pewarta : Sumarwoto
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024