Rembang (Antaranews Jateng) - Seratusan ribu santri yang tergabung Barisan Kader (Barikade) Gus Dur Jawa Tengah siap memenangkan pasangan Calon Gubernur Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen.

"Kalau Gusdurian itu kan kultural, anggotanya ada di mana-mana bahkan di semua partai ada, Barikade Gus Dur mewadahi anggota yang belum berpartai namun ingin bergerak mendukung Ganjar-Yasin di Pilgub Jateng 2018," kata Koordinator Barikade Gus Dur Jateng Husein Syifa di Rembang, Selasa.

Ia menjelaskan bahwa para santri Gus Dur membentuk Gusdurian yang jaringannya ada di berbagai provinsi dan kabupaten/kota, namun untuk jalur politik, para santri ini membentuk organisasi tersendiri dengan nama Barikade Gus Dur.

Menurut dia, jumlah santri yang menjadi anggota Barikade Gus Dur di Jateng sangat banyak.

"Jika di setiap kabupaten/kota saja ada puluhan ribu anggota, maka seluruh Jateng diperkirakan ada lebih dari 100 ribu anggota," ujarnya.

Ia menyebutkan, saat ini Barikade Gus Dur sedang dalam proses konsolidasi jaringan di tiap kabupaten/kota di Jateng sedang dalam pendataan ulang.

"Pada prosesnya nanti akan kita selaraskan dengan agenda kampanye calon, meski secara internal sekarang pun kita sudah bergerak," jelasnya

Terkait dengan dukungan kepada pasangan cagub Ganjar-Yasin, Husein mengungkapkan bahwa hal tersebut dilandasi kedekatan Gus Dur dan Kiai Haji Maimoen Zubair (Mbah Moen).

"Kami selaku santrinya Gus Dur, karena Mbah Moen punya `gawe` ya `nderek` `nyengkuyung` Mbah Moen, apalagi Gus Yasin sudah dianggap keluarga oleh Ibu Sinta Nuriyah Wahid karena ketika Gus Yasin (Taj Yasin Maimoen) menikah, yang menjadi saksi adalah Gus Dur," katanya.

Hal tersebut disampaikan Husein di sela mendampingi istri almarhum KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), Sinta Nuriyah Wahid, bersilaturahim di kediaman KH Maimoen Zubair Pondok Pesantren Al Anwar, Sarang, Kabupaten Rembang.

Dalam kunjungan silaturahim tersebut, Sinta Nuriyah yang datang bersama Ketua Umum PPP Romahurmuziy dan Cawagub Taj Yasin Maimoen menegaskan dukungannya kepada pasangan Ganjar-Yasin.

Pewarta : Wisnu Adhi Nugroho
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024