Solo, (Antaranews Jateng) - Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Surakarta, Jawa Tengah, terus berupaya mengeksplorasi destinasi wisata seluruh kabupaten yang ada di sekitar daerah ini.

"Selama tiga tahun terakhir ini kami sudah mengeksplorasi Kabupaten Karanganyar, sedangkan tahun ini kami bergerak ke Kabupaten Boyolali dan Klaten," kata Ketua Asita Surakarta Daryono di Solo, Jumat.

Menurut dia, salah satu destinasi wisata yang ingin dieksplorasi di Kabupaten Klaten, yaitu Umbul Ponggok, sedangkan di Kabupaten Boyolali yang akan dipromosikan Bukit Gancik di Kecamatan Selo.

"Dua destinasi wisata tersebut akhir-akhir ini banyak didatangi oleh wisatawan, seperti Bukit Gancik yang menawarkan keindahan `sunrise`, sedangkan Umbul Ponggok adalah kolam renang alami. Memang kalau di wilayah sekitar Kota Solo lebih ke naturalnya," katanya.

Meski demikian, nantinya pihaknya juga akan mengeksplorasi daerah lain seperti Kabupaten Sragen, Sukoharjo, dan Wonogiri. Terkait hal itu, pihaknya saat ini terus aktif meningkatkan komunikasi dan koordinasi dengan pemda terkait.

Pihaknya berharap kepengurusan Asita Surakarta periode 2018-2022 yang akan ditentukan pada Musyawarah Cabang Tahun 2018 tanggal 21 Februari mendatang dapat melanjutkan program kerja tersebut.

Terkait hal itu, Daryono memastikan tidak akan kembali maju mencalonkan diri sebagai Ketua Asita periode empat tahun ke depan. Ia berharap pengurusan selanjutnya dapat diisi oleh generasi muda.

"Anggota kami banyak yang potensial. Program kerja jangka panjang masih harus diselesaikan, termasuk meningkatkan sinergi dengan mitra kerja pemerintah dalam pengembangan dan promosi pariwisata karena 60 persen pengelolaan destinasi wisata di Kota Solo dilakukan oleh pemda," katanya.

Sementara itu, Ketua Muscab Asita Surakarta Mirza Ananda mengatakan hingga saat ini belum ada calon ketua yang memasukkan formulir pendaftaran kepada panitia.

"Nantinya kami tidak membatasi jumlah peserta pemilihan ketua tersebut. Selama mereka memenuhi syarat maka bisa ikut pemilihan, untuk salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah masuk dalam kepengurusan Asita sebelumnya minimal satu periode," katanya.


Pewarta : Aries Wasita Widi Astuti
Editor : Immanuel Citra Senjaya
Copyright © ANTARA 2024