Magelang - Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Magelang, Jawa Tengah, serius membekali pengetahuan dan keterampilan praktis kepada mahasiswanya, antara lain dengan meningkatkan kompetensi bidang paramedik veteriner.

Wakil Ketua III STPP Magelang, Teguh Susilo, dalam pembukaan kegiatan menyatakan peningkatan kompetensi mahasiswa bidang paramedik kesehatan hewan bagi mahasiswa program Diploma IV tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa tentang paramedik veteriner. 

Kegiatan tersebut terlaksana berkat bekerja sama dengan Balai Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Peternkan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah, Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Magelang, serta Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Magelang, Senin (29/1/2018).

Pembekalan tersebut berlangsung mulai dari 29 Januari hingga 8 Februari 2018, dengan jumlah peserta sebanyak 150 mahasiswa semester IV STPP Magelang Jurusan Penyuluhan Peternakan.

Adapun materi peningkatan kompetensi mahasiswa bidang paramedik kesehatan hewan meliputi materi kelompok umum, kelompok inti, dan materi kelompok penunjang. Secara keseluruhan materi pelatihan berjulmah 92 jam tatap muka, @ 45 menit.

Metode pelaksanaan peningkatan kompetensi mahasiswa, pelatihan paramedik veteriner dilakukan dalam dua bentuk. Pertama penyampaian teori dilaksanakan secara klasikal.

Materi yang disampaikan secara klasikal adalah materi kelompok umum dan kelompok penunjang. Penyampaian materi dilakukan dengan metode ceramah,diskusi, identifikasi, dan demonstrasi.

Kedua adalah metode praktikum, yang meliputi materi-materi kelompok inti, terutama materi teknis.

Kegiatan dalam praktikum, antara lain, pemeriksaan kesehatan hewan yang ada di lingkup laboratorium ternak di STPP Magelang, yang meliputi pemeriksaan hewan hidup dan pemeriksaan specimen.

Selain itu juga dilakukan praktik pembuatan preparat, pengobatan hewan, pemeriksaan mikroskopis, penanganan satwa liar, dan lain-lain.

Kegiatan praktikum dilaksanakan di laboratorium kesehatan hewan dan laboratorium ternak di STPP Magelang, selain kegiatan klasikal dan praktikum di laboratorium peserta juga melakukan kegiatan lapangan.

Pelatih dan fasilitator dalam peningkatan kompetensi mahasiswa, pelatihan paramedik kesehatan hewan bagi mahasiswa program diploma IV berasal dari DPP IPAVETI Pusat, Badan Diklat Provinsi Jateng, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jateng.

Selain itu juga menghadirkan fasilitator dari STPP Magelang Jurusan Penyuluhan Peternakan, Dinas Peternakan, Perikanan dan Pertanian Kota Magelang, serta Dinas Peternakan, Perikanan dan Pertanian Kabupaten Magelang. (ksm)


Pewarta : Achmad Zaenal M
Editor : Achmad Zaenal M
Copyright © ANTARA 2024