Semarang (Antaranews Jateng) - PT Pertamina (Persero) melalui PT Pertamina Retail mengembangkan pembangunan outlet Bright Olimart Academy di lingkungan sekolah dengan ditandai peluncuran program di SMK 3 Semarang.

Peluncuran program yang dikembangkan di empat sekolah yakni SMK 3 Semarang, SMK 4 Semarang, SMK Jateng, dan SMK 17 Agustus 1945 tersebut dilakukan di SMK 3 Jalan Atmodirono Raya No 7A Semarang, Jumat.

"Bright Olimart Academy merupakan program CSR Pertamina untuk menyiapkan anak didik kita memiliki jiwa kewirausahaan dengan praktik langsung di lapangan dan bisa mandiri," kata Vice President Bright Store & Cafe PT Pertamina Retail Reza Pahlevi.

Reza menjelaskan dengan adanya Bright Olimart Academy, siswa dipersiapkan untuk memiliki jiwa kewirausahaan karena dapat praktik sebagai mekanik dengan melayani konsumen secara langsung.

Siswa, lanjut Reza, dapat praktik melakukan service ringan sepeda motor dan mobil seperti pengantian oli dan pengisian udara dengan nitrogen.
"Kami Pertamina membantu fisik (sarana dan prasarana outlet Bright Olimart Academy, red.) dan soft skill secara periodik. Launching Bright Olimart Academy ini dilakukan di 9 titik yakni di Bandung, Cirebon, dan empat di Jawa Tengah," katanya.

Masing-masing titik berbeda nilai investasi dari Pertamina yakni berkisar Rp70 juta hingga Rp100 dan pada tahun ini direncanakan akan ada penambahan di 10 tempat.
Hadir dalam kesempatan tersebut seluruh kepala SMK yang mendapatkan kesempatan pengembangan Bright Olimart Academy yakni Kepala SMK 3 Semarang Almiati, Kepala SMK 4 Semarang Felix Yuniarto, Kepala SMK Jateng Yudi Wibowo, dan Kepala SMK 17 tahun 1945 Rachel Lilik Suryani serta Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jateng Sulistyo.

Almiati menambahkan dirinya mengaku bersyukur dengan kerja sama tersebut, karena memberikan manfaat kepada para siswa yakni mereka tidak hanya belajar teori tetapi juga praktik, bahkan bisa menghasilkan uang.
 


Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024