Solo, (Antaranews Jateng) - Okupansi hotel berbintang di Kawasan Pasar Kliwon Solo meningkat seiring dengan mendekatinya perayaan Haul Habib Ali Bin Muhammad Al Habsyi di Masjid Ar Riyadh.

"Pesanan kamar hotel saat perayaan haul tanggal 7-9 Januari 2018 di tempat kami sudah `fully booked`," kata General Manager Grand Amira Hotel Solo, Indrawati, di Solo, Rabu.

Ia mengatakan artinya pada saat itu okupansi Grand Amira Hotel Solo mencapai 100 persen. Menurut dia, hal itu wajar mengingat lokasi hotel tersebut berdekatan dengan tempat penyelenggaraan acara.

"Dari total 61 kamar sudah terpesan oleh rombongan dari Jakarta. Bahkan karena keterbatasan jumlah kamar kami terpaksa harus menolak pesanan yang masuk," katanya.

Kondisi yang sama juga terjadi di Kusuma Sahid Prince Hotel (KSPH) Solo yang berlokasi di kawasan Pasar Kliwon Solo.

Menurut Public Relations Manager Kusuma Sahid Prince Hotel (KSPH) Solo, Tia Kristiyanti, untuk periode haul okupansi hotel diprediksi tembus 100 persen.

Ia mengatakan dari total 121 kamar saat ini sudah hampir 70 persen yang dipesan. Menurut dia, pemesan kamar merupakan pelanggan yang tiap tahun mengikuti perayaan haul.

"Biasanya mulai H-7 sudah full untuk haul. Tamu yang datang mayoritas dari Jawa Timur tetapi ada juga yang dari Bandung dan Jakarta," katanya.

Ia mengatakan rata-rata tamu menginap saat acara tersebut yaitu dua hari.

Pewarta : Aries Wasita Widi Astuti
Editor : Zuhdiar Laeis
Copyright © ANTARA 2024