Kudus, ANTARA JATENG - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menargetkan setidaknya mampu meloloskan 41 nomor cabang olahraga yang dipertandingkan pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng pada 2018 di Solo.

"Saat ini, tercatat sudah 28 cabang olahraga yang dinyatakan lolos babak kualifikasi Porprov, sehingga mereka nantinya akan berlaga pada ajang Porprov 2018," kata Ketua KONI Kudus M. Rinduan di Kudus, Rabu.

Sementara 13 cabang olahraga yang masih tersisa, dia optimistis, bisa lolos karena sudah dipersiapkan sejak awal.

Apalagi, kata dia, dari belasan cabang olahraga tersebut, terdapat tiga cabang olahraga yang tidak perlu melalui babak kualifikasi.

Di antaranya, aeromodelling, paralayang, dan squash yang ditentukan berdasarkan kuota dari provinsi.

Untuk cabang olahraga lainnya yang dalam waktu dekat akan menghadapi babak kualifikasi, yakni angkat berat, balap sepeda, biliar, bulu tangkis, catur, dansa, golf, judo, taekwondo, dan muay thai.

"Jika 41 cabang olahraga yang ada di Kabupaten Kudus berhasil lolos babak kualifikasi, maka tercatat ada 429 atlet yang akan dipersiapkan mengikuti Porprov 2018," ujarnya.

Jumlah tersebut, kata dia, masih akan ditambah dengan pelatih yang jumlahnya mencapai 69 orang, sehingga totalnya bisa mencapai 498 orang.

Agar perjuangan mereka bisa maksimal, kata dia, dukungan anggaran memang penting, terutama untuk pemusatan latihan terhadap atlet yang lolos pra-Porprov.

Dengan lolosnya semua cabang olahraga di ajang Porprov, dia juga menargetkan, bisa meraih 80 medali emas agar bisa masuk tiga besar.

Ia mengakui, selain tim tuan rumah juga ada beberapa kabupaten/kota yang menjadi pesaing untuk meraih tiga besar pada ajang Porprov 2018.

Pewarta : Akhmad Nazaruddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024