Banjarnegara, ANTARA JATENG - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan bahwa potensi hujan masih tetap tinggi meskipun badai Cempaka mulai menjauhi pulau Jawa.

"Masih berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat," kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara), Setyoajie Prayoedhie di Banjarnegara, Rabu.

Dia menjelaskan, berdasarkan pengamatan tim Tropical Cyclone Warning Center Jakarta, saat ini badai Cempaka berada di Selatan Jawa Timur dan bergerak ke arah Barat Daya atau menjauhi Pulau Jawa.

"Namun terjadinya hujan dengan intensitas sedang - lebat yang disertai angin kencang dan petir masih berpotensi muncul," katanya.

Selain itu, tinggi gelombang masih berkisar antara 2,5 hingga 5 meter.

"Untuk itu diimbau kepada para nelayan, terutama nelayan tradisional, untuk tidak melakukan aktivitas melaut," katanya.

Sebelumnya, BMKG mengingatkan masih adanya potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sejumlah wilayah di Jawa Tengah pada Rabu.

Potensi hujan sedang hingga lebat diprakirakan terjadi di Cilacap, Purwokerto, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Purworejo, Wonosobo, Mungkid, Boyolali, dan Klaten.

Selain itu, Sukoharjo, Wonogiri, Karanganyar, Sragen, Ungaran, Temanggung, Kajen, Slawi, Magelang, Surakarta, dan Salatiga, Bumiayu, Majenang, Ambarawa.

Sementara hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprakirakan berpotensi terjadi di Purwodadi, Blora, Rembang, Pati, Kudus, Jepara, Demak.

Selain itu, Kendal, Batang, Pemalang, Brebes, Semarang, Pekalongan, dan Tegal.

Pewarta : Wuryanti P
Editor :
Copyright © ANTARA 2024