Banjarnegara, ANTARA JATENG - Perilaku hidup sehat penting diterapkan sejak dini guna mencegah berbagai penyakit tidak menular atau penyakit degeneratif, kata Sekretaris Fraksi PKS DPRD Banjarnegara Tri Mulyantoro

"Sangat penting berperilaku hidup sehat. Di antaranya dengan membiasakan diri makan sayur dan buah, berolahraga, cek kesehatan, istirahat yang cukup, dan lain sebagainya," katanya di Banjarnegara, Jumat.

Perilaku hidup sehat, kata dia, akan berdampak positif bagi kesehatan keluarga dalam jangka panjang.

"Selain itu, dengan berperilaku hidup sehat maka berarti telah berperan aktif dalam membangun kualitas hidup manusia Indonesia yang sehat dan sejahtera," katanya.

Untuk itu, dia mendorong Pemerintah Kabupaten Banjarnegara untuk terus meningkatkan kampanye gerakan masyarakat hidup sehat.

"Dorong peran keluarga untuk terlibat secara aktif," katanya.

Selain itu, kata dia, perlu adanya sinergi dari berbagai pihak terkait, untuk bersama-sama menyukseskan gerakan masyarakat hidup sehat.

"Mulai dari kader kesehatan, tokoh masyarakat, perangkat desa, tokoh agama, dan lain sebagainya untuk bersama-sama menyukseskan gerakan masyarakat hidup sehat," katanya.

Selain itu, dia mendorong seluruh masyarakat untuk rutin melakukan pemeriksaan kesehatan di pos pembinaan terpadu.

"Manfaatkan posbindu secara maksimal," katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Banjarnegara menginformasikan bahwa posbindu sudah terbentuk dan berjalan aktif di desa-desa yang berada di sejumlah wilayah kerja puskesmas.

Wilayah kerja tersebut antara lain Puskesmas Madukara 1, Banjarnegara 1, Banjarnegara 2, Banjarmangu 1, dan Banjarmangu 2.

Pemeriksaan di posbindu, antara lain tensi, gula darah, kolesterol, trigleserid, lemak perut, timbang badan, dan tinggi badan.


Pewarta : Wuryanti Puspitasari
Editor :
Copyright © ANTARA 2024