Magelang, ANTARA JATENG - Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah, memberikan bantuan seragam dan sepatu sekolah kepada para siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama di daerah itu untuk meringankan para orang tua dalam pembiayaan sekolah anak-anak mereka.

Penyerahan bantuan yang bersumber dari program Bantuan Operasional Sekolah Daerah Pemkot Magelang itu dilakukan secara simbolis oleh Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito kepada sejumlah perwakilan siswa di Magelang, Senin, di sela upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda.

"Harapannya dengan bantuan ini, beban orang tua menjadi lebih ringan," kata Sigit.

Ia menjelaskan bantuan tersebut sebagai salah satu wujud nyata pemkot dalam meningkatkan mutu pendidikan anak-anak di daerah dengan tiga kecamatan dan 17 kelurahan tersebut.

Saat upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda 2017 di halaman Kantor Sekretaris Daerah Pemkot Magelang itu, Wali Kota Sigit membacakan sambutan tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi yang antara lain tentang pentingnya seluruh komponen masyarakat memperkuat semangat kebangsaan.

"Kita setop segala bentuk perdebatan yang mengarah kepada perpecahan. Saatnya kita berani bersatu demi kejayaan Bangsa Indonesia," kata Manpora.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemkot Magelang Taufiq Nurbakin didampingi Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Agus, mengatakan mulai Tahun Ajaran 2017-2018, pemkot memberikan bantuan seragam dan sepatu sekolah dengan sasaran para siswa SD/MI dan SMP/MTs, baik negeri maupun swasta.

Total jumlah siswa SD penerima bantuan pada 2017 sebanyak 2.448 anak berasal dari 73 sekolah negeri dan swasta dengan anggaran Rp854.845.000, sedangkan total siswa SMP 3.605 anak berasal dari 21 sekolah dengan anggaran Rp1.473.600.000.

Total jumlah siswa setingkat SD dan SMP penerima bantuan itu 6.053 anak berasal dari 94 sekolah, sedangkan total anggarannya Rp2.328.445.000. (hms)

Pewarta : M. Hari Atmoko
Editor :
Copyright © ANTARA 2024