Solo, ANTARA JATENG - Pemerintah Kota Solo akan segera merealisasikan Museum Batik dengan lokasinya di bekas rumah terpidana kasus korupsi Djoko Susilo.

"Mengenai pembangunan Museum Batik ini kami akan gerak cepat merealisasikannya," kata Kepala Dinas Kebudayaan Pemkot Solo Kinkin Sultanul Hakim di Solo, Selasa.

Ia mengatakan salah satu yang akan dilakukan adalah mengagendakan pertemuan dengan sejumlah tenaga ahli dalam hal permuseuman dan perbatikan.

"Tersirat Pak Wali menginginkan 2018 mendatang sudah bisa dibenahi dan digunakan sebagai museum," katanya.

Terkait dengan hal tersebut, dia akan mengundang beberapa pihak yang merupakan ahli dalam hal museum serta batik yang melibatkan para empu dan pengrajin batik baik dari dalam kota maupun dari luar Kota Solo.

"Melalui pertemuan dengan pihak-pihak berkompeten di bidang batik tersebut diharapkan ke depan bisa segera ada rancangan seperti apa Museum Batik tersebut," katanya.

Kinkin optimistis keberadaan Museum Batik tersebut nantinya akan mampu mendongkrak industri pariwisata di Solo.

"Saat ini Kota Solo sedang membuat destinasi wisata baru sehingga pembuatan Museum Batik ini sejalan dengan visi Kota Solo," katanya.

Sementara itu, Lurah Laweyan Yuyuk Yuniman mengatakan akan ikut mempromosikan Museum Batik tersebut mengingat Laweyan identik dengan kampung batik.

"Antusiasme pengrajin batik di sini sangat tinggi untuk membantu. Mereka sepakat untuk membantu menyediakan canting, alat peraga guna menambah promosi museum," katanya.

Pewarta : Aris Wasita
Editor :
Copyright © ANTARA 2024