Semarang, ANTARA JATENG - Nica Sunarko Saputra dari Kabupaten Magelang dan Febby Cynthia dari Kabupaten Jepara terpilih menjadi Duta Generasi Berencana (Genre) jalur pendidikan tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2017.

Selain jalur pendidikan, BKKBN Provinsi Jateng juga telah memilih  Ilham Dwi Hatmawan (Kabupaten Purbalingga) dan Bella Vican Wahyuningsih (Kabupaten Demak) menjadi Duta Genre dari jalur masyarakat pada pemilihan Duta Genre yang berlangsung sejak Selasa (22/8) hingga Kamis (24/8) di Hotel Horison Semarang.

Plh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah Erna Sulistyowati, seusai acara pemilihan Duta Genre tingkat Provinsi Jateng mengatakan bahwa untuk yang juara pertama dari masing-masing jalur akan melanjutkan ke jenjang pemilihan Duta Genre tingkat nasional yang rencananya dilaksanakan September 2017 di Jakarta.

"Selama satu tahun, mereka juga akan menjadi panutan duta-duta genre yang lain dan kami akan melibatkan mereka dalam sejumlah acara sosalisasi terkait generasi berencana," katanya.

Para Duta Genre, lanjut Erna, akan mengajak para remaja menuju generasi emas yakni remaja yang bebas narkoba, memiliki pola hidup sehat, memiliki cita-cita tinggi, aktif di masyarakat, dan memiliki perencanaan dalam berkeluarga misalnya untuk perempuan menikah setelah usia 21 tahun sedangkan laki-laki setelah usia 25 tahun, serta memiliki rencana kapan mempunyai anak dan berapa jumlahnya.

"Mereka jgua akan terus mempromosikan remaja harus terhindar dari TRIAD KRR (pernikahan dini, sek pranikah, dan narkoba)," tambah Erna.

Pemilihan Duta Genre 2017 tingkat Provinsi Jateng diikuti 48 orang orang yang terdiri atas dua jalur yakni jalur pendidikan dan jalur masyarakat dengan syarat usia 16-22 tahun (perwakilan dari masing-masing kabupaten dan kota se-Jateng dan pada tahun ini ada empat daerah yang tidak mengirimkan perwakilannya).

Setelah melewati sejumlah seleksi, terpilih para Duta Genre dengan sejumlah kategori. Juara tiga besar, juara favorit, dan juara berbakat. Untuk jalur pendidikan, juara kedua diraih oleh G. Surya Putra Nugraha ( Kota Surakarta) dan Fatimah Alaydrus (Kota Tegal). Juara Ketiga Fajar Budi Pratomo (Kabupaten Banyumas) dan Imroatul Amelia (Kabupaten Pemalang).

Sementara jalur masyarakat juara dua diraih M.Nassir (Kabupaten Demak) dan Karrenina Samantha Shan (Kabupaten Purbalingga), juara tiga Michael Rivaldi Mewengkang (Kota Surakarta) dan Aprilia Sunti Rusita D (Kabupaten Blora).

Untuk Juara Favorit jalur pendidikan terpilih Bayu Aji Prasetyo (Kabupaten Tegal) dan Febby Cynthia (Kabupaten Jepara), sedangkan jalur masyarakat Tedi Subekti (Kabupaten Tegal) dan Kiki Amaliya Rizki (Kabupaten Tegal).

Juara Duta Genre berbakat jalur pendidikan diraih Anang Hartanto (Kabupaten Blora) dan Nabila Putri Kusuma Wardhani (Kabupaten Kendal), sedangkan jalur masyarakat oleh Arya Restya Audrey Rivaldi (Kabupaten Wonogiri) dan Azzahra Soraya (Kota Semarang).


Pewarta : Nur Istibsaroh
Editor :
Copyright © ANTARA 2024