Temanggung, ANTARA JATENG - Harga daging ayam ras di pasar tradisional Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, bergerak naik karena stok ternak berkurang.

Fatonah, pedagang daging ayam di Pasar Kliwon Rejo Amertani di Temanggung, Senin, mengatakan bahwa harga daging ayam ras dalam beberapa hari terakhir mencapai Rp30 ribu per kilogram dari sebalumnya Rp28 ribu/kg.

Menurut dia, tingginya harga daging ayam tersebut berdampak pada sepinya pembeli.

Dalam kondisi harga seperti sekarang ini, kata dia, hanya ada permintaan dari para pelanggan, yakni para pemilik warung makan.

Dengan harga relatif tinggi ini, ada beberapa pedagang tidak mau berjualan karena konsumen sepi.

"Penyebab kenaikan harga daging ayam tidak tahu persis karena saya hanya mendapatkan pasokan dan harga sudah naik dari pemasok, kemungkinan tidak ada barang di tingkat peternak," katanya.

Berdasarkan pantauan, meskipun harga daging ayam ras naik, harga telur ayam justru turun, yakni dari Rp22 ribu/kg menjadi Rp21 ribu/kg.

Sementara itu, harga gula pasir bertahan stabil Rp13 ribu/kg, bawang putih kating Rp40 ribu/kg, bawang merah Rp28 ribu/kg, cabai rawit merah Rp15 ribu/kg, cabai rawit hijau Rp16 ribu/kg.

Cabai keriting merah sebesar Rp15 ribu/kg, cabai keriting hijau Rp7.000,00/kg, cabai rawit hijau Rp16 ribu/kg, tomat Rp2.000,00/kg, dan wortel bertahan Rp10 ribu/kg.


Pewarta : Heru Suyitno
Editor :
Copyright © ANTARA 2024