Brebes, ANTARA JATENG - Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat RI mendesak pemerintah pusat membangun bendungan karet di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, sebagai upaya membantu petani dalam melakukan budi daya tanaman bawang merah.

Anggota Komisi IV DPR RI, Nasith Umar di Brebes, Selasa, mengatakan bahwa salah satu permasalahan yang dihadapi para petani bawang merah di Kabupaten Brebes adalah masalah pengairan yang kurang baik.

"Oleh karena, kami mendesak kepada pemerintah pusat agar permasalahan pengairan di Kabupaten Brebes mendapat prioritas," katanya.

Permasalahan yang terjadi sekarang yang dihadapi petani, kata dia, adalah saat musim hujan maka air akan menenggelamkan tanaman bawang karena kondisi laut sudah tidak sanggup menampungya.

"Adapun pada musim kemarau, tidak ada air. Nah, disini perlu ada konstruksi khusus dengan dibuatkan bendungan karet meski hal ini perlu biaya besar," katanya.

Nasith Umar yang juga sebagai politisi Partai Demokrat ini minta para petani bisa membuat proposal yang ditujukan pada Dinas Pekerjaan Umum dengan tembusan sumber daya alam (SDA) untuk membangun bendungan itu.

"Karena pembangunan bendungan karet ini diperkirakan akan menelan anggaran yang relatif cukup besar maka bisa menggunakan dana pusat untuk mewujudkannya," katanya.

Ia menambahkan dengan dibangunnya bendungan karet nantinya petani bisa meningkatkan hasil produk bawang merah agar mereka bisa untung.

Pewarta : Kutnadi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024