Magelang, ANTARA JATENG - Tim gabungan Pemerintah Kota Magelang, Jawa Tengah, Selasa, menemukan harga jual bawang putih dan bawang merah di salah satu toko swalayan melebihi harga eceran tertinggi (HET).

Harga bawang putih di toko swalayan tersebut dijual Rp66.990,00 per kilogram dari HET sebesar Rp38 ribu/kg.

Berikutnya, bawang merah dijual Rp49.990,00/kg dari HET sebesar Rp26 ribu/kg.

Tim gabungan pemantauan harga kebutuhan sembilan bahan pokok, produk makanan, minuman, dan daging Kota Magelang melibatkan unsur Dinas Kesehatan, Disperikan, Satpol PP, kepolisian, Bulog, dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Pada pemantauan tersebut, tim mengawali kunjungannya di sebuah toko swalayan di Jalan Ikhlas, kemudian ke sejumlah toko oleh-oleh di kawasan tersebut.

Ketika melakukan pemantauan di sebuah toko swalayan, Jalan Tidar Kota Magelang, tim menemukan harga bawang putih impor dan bawang merah lokal yang melampaui HET.

Kepala Seksi Harga Dasar Bulog Subdivre Kedu Bogi Wahyoko mengatakan bahwa harga bawang di swalayan tersebut terlalu tinggi atau melebihi HET. Dalam hal ini, Bulog menyediakan bawang merah dan putih dijual sesuai dengan HET.

"Toko swalayan tersebut hanya sebatas menjual. Kami akan kejar sampai penyuplainya. Kami menyarankan agar toko tersebut mengambil barang di Bulog sesuai dengan HET," katanya.

Berdasarkan hasil pemantauan, kata Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kota Magelang Sri Rejeki Tentami Arsih, barang-barang yang dijual, baik makanan maupun oleh-oleh, telah sesuai dengan standar yang ketentuan. Namun, di salah satu toko swalayan menemukan harga bawang putih melebihi HET.

"Terhadap harga yang melebihi HET, kami akan koordinasi. Nanti kami laporkan pimpinan untuk menentukan langkah selanjutnya. Kami sarankan agar toko swalayan tersebut mengambil barang-barang dari Bulog sesuai dengan HET," katanya.

Menanggapi atas temuan harga jual bawang yang melebihi HET, Asisten manajer toko swalayan tersebut, Purwanto, mengatakan bahwa pihaknya akan mengikuti saran dari tim pemantau Pemkot Magelang.

"Nantinya kami akan menjual sesuai dengan HET. Kami sudah menjual sejak seminggu lalu. Stok bawang putih kami sekitar 20 kilogram," katanya.(hms)


Pewarta : Heru Suyitno
Editor :
Copyright © ANTARA 2024