Magelang, ANTARA JATENG -  Gabungan Organisasi Wanita Kota Magelang memberikan bantuan berupa sejumlah uang kepada 17 warga kurang mampu dan beasiswa kepada 20 siswa dalam rangka peringatan Hari Kartini 2017.

Bantuan tersebut diserahkan oleh Sekretaris Daerah Pemkot Magelang Sugiharti di Magelang, Rabu, dalam resepsi peringatan Hari Kartini 2017 dan HUT Ke-65 GOW tingkat Kota Magelang bertempat di Pendopo Pengabdian Rumah Dinas Wali Kota Magelang.

Sebanyak 20 penerima beasiswa itu, terdiri atas 10 siswa Sekolah Dasar dan 10 siswa Sekolah Menengah Pertama.

"Hendaknya jangan dilihat dari besaran bantuan, tetapi bentuk kepedulian anggota GOW untuk membantu meringatkan beban sesama," ujar Sugiharto. Tidak disebutkan jumlah bantuan untuk warga miskin dan jumlah beasiswa untuk pelajar setempat.

Pada kesempatan itu, ia juga mengharapkan anggota GOW Kota Magelang melanjutkan pemberdayaan perempuan melalui pengembangan potensi perempuan agar menjadi pribadi mandiri, percaya diri, terampil, tanpa melupakan tugas, kewajiban, dan kodratnya.

Ia mengatakan peringatan Hari Kartini menjadi momentum bagi kalangan perempuan untuk menguatkan komitmen dan mewujudkan cita-cita R.A. Kartini terkait dengan emansipasi perempuan Indonesia.
    
Kaum perempuan, katanya, berkontribusi penting dalam membangun generasi bangsa yang berkualitas, berpartisipasi dalam menyejahterakan masyarakat, serta memajukan bangsa.

"Organisasi perempuan memiliki peran strategis dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat," katanya.

Ketua GOW Kota Magelang Sri Rejeki Sulistyono mengajak seluruh perempuan di daerah itu agar dapat mengenang jasa Kartini dalam memperjuangkan hak-hak kaum perempuan.

"Kaum perempuan agar tidak mudah mengeluh dengan keadaan apapun. Keteladanan Kartini bisa memberikan motivasi untuk dapat bangkit mengangkat martabat perempuan," katanya. (hms).


Pewarta : Anggit Pamungkas
Editor :
Copyright © ANTARA 2024