Semarang, ANTARA JATENG - Ketua Komisi Pemilihan Umum Jawa Tengah Joko Purnomo menegaskan bahwa tujuh kabupaten/kota di provinsi itu siap menggelar pilkada secara serentak pada 15 Februari 2017.

"Tujuh daerah di Jateng, yakni Kota Salatiga, Kabupaten Pati, Banjarnegara, Brebes, Jepara, Cilacap, dan Batang, siap menggelar pilkada, tidak ada masalah," katanya di Semarang, Senin.

Ia menjelaskan bahwa berbagai kebutuhan logistik pilkada, seperti surat suara, kotak suara, tinta, dan formulir sudah siap semua.

Semua kebutuhan logistik pilkada, kata dia, saat ini disimpan di gudang yang disewa oleh masing-masing KPU kabupaten/kota yang akan menggelar pilkada agar pengamanannya bisa terpusat.

"Logistik pilkada tinggal didistribusikan ke tiap tempat pemungutan suara (TPS) pada H-10 pilkada serentak," ujarnya.

Joko mengungkapkan, dari tujuh kabupaten/kota, hanya Kabupaten Cilacap dan Banjarnegara yang hingga sekarang belum menerima surat suara.

"Insya Allah minggu ini surat suara sudah datang dari percetakan di daerah Cikarang yang dilakukan pengadaan melalui 'e-katalog' guna mengantisipasi penyimpangan-penyimpangan," katanya.

Terkait dengan masih adanya masyarakat yang belum masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) karena belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik, ia menyebutkan bahwa yang bersangkutan tetap bisa menggunakan hak pilihnya pada pilkada mendatang.

"DPT sudah final, tapi masyarakat yang terdaftar akibat belum memiliki E-KTP tetap bisa mencoblos pada hari H karena sudah teridentifikasi," ujarnya.

Kendati demikian, KPU Jateng mengimbau kepada masyarakat yang bel masuk DPT pilkada di masing-masing daerah untuk melapor ke KPU agar segera ditindaklanjuti.

Pewarta : Wisnu Adhi N.
Editor : Mahmudah
Copyright © ANTARA 2024